Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar matematika

The effectiveness of cooperative learning models Think Pair Share (TPS) and Numbered Head Together (NHT) use compact disk on results mathematic learning

  • Dhestha Hazilla Aliputri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Bambang Suteng Sulasmono Universitas Kristen Satya Wacana
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana
Kata Kunci: Efektivitas, NHT, TPS, Matematika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) untuk kemudian dibandingkan model pembelajaran yang lebih efektif ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu pre-test dan post-test. Tahap pre-test dilakukan untuk mengetahui hasil belajar Matematika sebelum dilakukan treatment untuk kemudian dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas sebagai acuan untuk melakukan uji hipotesis, sedangkan post-test dilakukan untuk mengetahui data hasil belajar setelah dilakukan treatment/perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Wulung Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Untuk membantu pengolahan data, peneliti menggunakan bantuan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa  penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih efektif daripada Think Pair Share (TPS) ditinjau dari hasil belajar Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji analisis data  yang diperoleh hasil bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,029 maka 0,029 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)  lebih efektif daripada penggunaan Think Pair Share (TPS) di kelas kontrol.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Atik Widarti. (2007). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat pada Siswa Kelas VII. Skripsi. UNNES.
Hasmiana Hasan, (2015). Kendala yang Dihadapi Guru Dalam Pembelajaran , PESONA DASAR: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 1, 40-51, 2337-9227.
Khodir, M. A. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Cara Susun Pelajaran Matematika dengan Model Think Pair And Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SDN Plumbungan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW).
Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Nasional, D. P. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Lie. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Pratiwi, U. (2015). Penerapan Model Number Head Together dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Dorowati Tahun Ajaran 2014/2015. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 3(5.1).
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Diterbitkan
2019-04-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 538 times
PDF downloaded = 477 times