Pembelajaran matematika yang bermakna

  • Rahmita Yuliana Gazali STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Matematika, Bermakna, Hafalan, Kegiatan

Abstract

Definisi pembelajaran matematika yang bermakna mempunyai cakupan yang luas karena kecenderungannya masih umum dan belum terukur. Dalam kajian ini, parameter pembelajaran matematika bermakna terdiri atas belajar matematika bermakna tidak sekadar hafalan (menghafal) berdasarkan teori Ausubel dan belajar matematika bermakna melalui kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan. Jika seorang siswa berkeinginan untuk mengingat sesuatu tanpa mengaitkan dengan hal yang lain maka baik proses maupun hasil pembelajarannya dapat dinyatakan sebagai hafalan dan tidak akan bermakna baginya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmita Yuliana Gazali, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Ausubel, D. (1963). The psychology of meaningful verbal learning. New York: Grune & Stratton.

Ausubel, D. (1978). Educational psychology: a cognitive view. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Bell, Frederick H. (1978). Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. Cetakan Kedua. Dubuque, Iowa: Win C. Brown Company Publishers

Cowan, P. (2006). Teaching mathematics. New York: Routledge.

Dahar, R. W. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ebbutt, S dan Straker, A., 1995 , Children and Mathematics: A Handbook for Teacher, London: Collins Educational.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freundenthal Intitute

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya.Banjarmasin: Tulip Banjarmasin.

Marsigit. 2012. Kajian Panelitian (Review Jurnal Internasional) Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY

Muslich, M. (2011). KTSP: pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Novak, J. D. & Gowin, D. B. (2006). Learning how to learn. New York: Cambridge University Press.

Sriraman & English. (2010). Theories of mathematics education. New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Sugiman. (2009). Pandangan matematika sebagai aktivitas insani beserta dampak pembelajarannya. Prosiding of SemNas Matematika dan Pendidikan Matematika,FMIPA UNY, P-26
Published
2016-12-30
How to Cite
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Section
Kajian
Abstract viewed = 444 times
PDF downloaded = 1331 times