Peningkatan efektivitas pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe STAD di STMIK Asia Malang

Studi kasus pokok bahasan integral

  • Vivi Aida Fitria STMIK Asia Malang
Keywords: Matematika, Kooperatif, Tipe STAD

Abstract

Tujuan pembelajaran dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran matematika dalam  mendapatkan nilai yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknik Informatika STMIK Asia Malang terhadap mahasiswa matakuliah matematika  semester 1 tahun akademik 2015/2016 menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus . Data yang dikumpulkan berupa data nilai mahasiswa dan angket respon mahasiswa terhadap metode pembelajaran. Data dikumpulkan dengan  menggunakan tes uraian materi integral baik secara kelompok maupun individual dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aadanya peningkatan prosentase jumlah mahasiswa yang mendapat nilai 60 atau lebih. Pada siklus 1 prosentase tersebut mencapai 83% dan meningkat menjadi 93% pada siklus 2. Adapun prosentase respon positif dari hasil angket secara klasikal lebih besar dari 75% yaitu  mencapai 77,8%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mendukung, merasa senang dan berminat terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vivi Aida Fitria, STMIK Asia Malang

Program Studi Teknik Informatika

References

Bahri, Aliem. 2012, Penelitian Tindakan Kelas. Makassar . Universitas Muhammadiyah Makassar.

Basuki Wibowo dan Farida Mukti. 1992. Media Pengajaran. Depdikbud. Jakarta.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Rafika Aditama. Bandung.

Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora. Bandung.

Jacobsen, David A., Eggen, Paul., & Kauchak, Donald. 2009. Methods for Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan belajar siswa TK - SMA. Penerjemah: Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf . Diakses pada 20 April 2016.

Muhammad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Lembaga Penjamin Mutu Jawa Timur.

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang. Malang.

Rijati, Nova. 2008. Techno.Com. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Diskrit Metode Kooperatif Tipe STAD Berbasis TIK. Vol.7, hal. 53-60.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

V.S, Ina dkk. 2011. Relationships Among Reading, Mathematics, and Science Achievement—Implications for Early Learning. Boston. Boston College.
Published
2016-08-30
How to Cite
Fitria, V. A. (2016). Peningkatan efektivitas pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe STAD di STMIK Asia Malang. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77-84. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.31
Section
Research
Abstract viewed = 632 times
PDF downloaded = 590 times