Keefektifan pembelajaran problem posing terhadap peningkatan prestasi dan minat belajar mahasiswa
Effectiveness of problem posing on increasing achievements and students learning interests
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran problem posing dan konvensional ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi terdiri atas seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 4 kelas. Kelas B dan D terpilih secara acak sebagai kelas sampel. Kelas B sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Kelas D sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran problem posing. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes prestasi dan angket minat belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji MANOVA, uji t satu sampel, dan uji t dua sampel independent. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, pembelajaran problem posing efektif ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa. Pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi tetapi tidak efektif ditinjau dari minat belajar mahasiswa. Pembelajaran problem posing lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran problem posing dan konvensional ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi terdiri atas seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 4 kelas. Kelas B dan D terpilih secara acak sebagai kelas sampel. Kelas B sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Kelas D sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran problem posing. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes prestasi dan angket minat belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji MANOVA, uji t satu sampel, dan uji t dua sampel independent. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, pembelajaran problem posing efektif ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa. Pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi tetapi tidak efektif ditinjau dari minat belajar mahasiswa. Pembelajaran problem posing lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi dan minat belajar mahasiswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Christou, C., et.al, (2005). An empirical taxonomy of problem posing processes. Zentralblattfur Didaktik der Mathematik, 37, 1-10.
English, L. D. & Halford, G. S. (1995). Mathematics education: Models and processes. New Jersey, Mahwah: Lawrence Erlbaum Associatesm, Inc.
Guvercin, S., Cilavdaroglu, A. K., & Savas, A. C. (2014). The effect of problem posing instruction on 9th grade students’ mathematics academic achievement and retention. Anthropologist, 17, 1, 129-136.
Haji, S. (2011). Pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, 14, 1, 55-63.
Setyaningsih, E & Widjajanti, D.B. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Disposisi Matematis. Jurnal Pythagoras Vol 10 No 1. Juni 2015, (28-37)
Silver, E.A., & Cai, Jinfa. (1996). An analysis of arithmetic problem posing By Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, Volume 27. No. 5, p. 521-539.
Susanti, E. L., Sukestiyarno, & Sugiharti, E. (2012). Efektifitas pembelajaran matematika dengan metode problem posing berbasis pendidikan karakter. Unnes journal of mathematics education. 1, 13-19.
Wijaya, M.A., & Kumoro, J. (2017) Penerapan metode problem posing untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada standar kompetensi mengelola dokumen dan arsip kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Piri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol 6, No 7, 688-697.
Xiaogang Xia., Chuanhan Lu., & Bingyi Wang. (2008). Research on mathematics instruction experiment based problem posing. Journal of mathematics education, 1, No.1, 153-163.
Woolfolk, A. (2007). Educational psychology. Boston: Pearson Education.