Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dan STAD terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa

Comparison of cooperative learning models of type Course Review Horray and STAD to increasing students of mathematical understanding

  • Bettri Yustinaningrum STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON
  • Leni Agustina Daulay STAIN Gajah Putih Takengon
  • Dina Yulisa Putri STAIN Gajah Putih Takengon
Kata Kunci: Course Review Horray (CRH), STAD, Pemahaman Matematis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membandingkan antara model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan STAD dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman matematis siswa yang menggunakan CRH dan STAD, (3) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan STAD melalui kegiatan pengamatan aktivitas guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian semi ekperimen. Sample penelitian dipilih dengan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas siswa X IPA 2 dan X IPA 3 SMA N 15 Takengon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t 1 pihak dan peningkatan menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh thitung ttabel  dimana 2,44  2,01, dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 26 + 26 – 2 = 50, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih signifikan sebesar  dibanding dengan STAD sebesar . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih baik dari STAD dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Tadris Matematika

##submission.authorWithAffiliation##

Tadris Matematika

Referensi

Arahmah, I. Z., Suharno, & Sudiman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan pada Siswa Sekolah Dasar . Didaktika Dwija Indria ISSN: 2337-8786 , 1-7.

Emzir. (2013). Model Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Firdaus, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Batam. Riau: FKIP Universitas Kepulauan Riau.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Ruseffendi, E. (1998). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengaaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusett. USA: Allymand dan Bacon.
Suherman, E. (2002). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: UPI.
Diterbitkan
2019-04-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 372 times
PDF downloaded = 395 times