Peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan model ideal problem solving mata kuliah kapita selekta matematika 1

  • Akhmad Nayazik IKIP Veteran Semarang
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, IDEAL Problem Solving, Kapita Selekta Matematika 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan model IDEAL Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan matematika IKIP Veteran Semarang, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa S1 yang mengambil mata kuliah Kapita Selekta Matematika 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Akhmad Nayazik, IKIP Veteran Semarang

Jurusan Pendidikan Matematika

References

Bransford, J. dan B.S. Stein. (1993). The IDEAL Problem Solver: A Guide for Improving Thinking, Learning, and Creativity (2nd ed). New York: W.H. Freeman.

Ciltas, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing learning difficulties related to the equation and inequality that contain terms with absolute value. International Online Journal of Educational Sciences. 3(2), pp. 461-473.

Izzati, Nur. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Edisi Khusus 1: 7689.

Fajri, N, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Taching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. 6 (2): 149-161.

Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: conceptions of understanding in engineering mathematics learning. The Quantum Report. 15, pp. 1459-1488.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Lemlit UPI: Tidak Diterbitkan.

Sugandi, Asep Ikin. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalahg dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsawa terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

NCTM. (2004). Overview: Standards for School Mathematics. Problem Solving.

NCTM. (2005). Curriculum and Content Area Standards. Mathematical Standards. http://cnets.iste.org/currstands/cstandsā€m.html.

Nunn, G. D. & McMahan, K. (2000). IDEAL problem solving using a collaborative effort for special needs and at-risk students. Education, 121, 305-312.

Pugalee, D.A. (2001). Using Communication to Develop Students Mathematical Literacy. Journal Research of Mathematics Education. 6: 296-299.
Published
2016-04-30
How to Cite
Nayazik, A. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan model ideal problem solving mata kuliah kapita selekta matematika 1. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47-51. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.27
Section
Research
Abstract viewed = 414 times
PDF downloaded = 507 times