Analisis kemampuan penalaran siswa SMA pada materi trigonometri: Studi kasus pada siswa kelas olimpiade
Analysis of mathematical reasoning on trigonometry for students at high school: A case study on olympic class
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan mengkaji tentang analisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas olimpiade dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sekolah SMA Pribadi Depok pada tahun 2023/2024 dengan subjek siswa kelas olimpiade sebanyak 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan penalaran matematis siswa mencapai 80% tergolong sedang. Jika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis pada tiap indikator, indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi mencapai 72,5%; indikator memeriksa kesahihan suatu argumen mencapai 73,5%; indikator menarik kesimpulan dari pernyataan mencapai 73,5%; dan indikator melakukan manipulasi matematika mencapai 100%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas olimpiade di SMA Pribadi Depok kemampuan penalarannya berada pada kategori sedang. Hasil ini dikarenakan terdapat beberapa siswa sering lupa menggunakan rumus trigonometri yang sesuai untuk menyelesaikan soal dan kurangnya latihan soal-soal trigonometri.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., & Diva, S. A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.
Bergqvist, E. (2007). Types of Reasoning Required in University Exams in Mathematics. Journal of Mathematical Behavior, 26(4), 348–370. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2007.11.001
Cahyanti, R. D., & Rahaju, E. B. (2019). Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 611–617.
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs.
Eliza, R., Khadijah, K., & Wulandari, U. (2018). Motivasi dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward pada Materi Fungsi. Math Educa Journal, 2(2), 128–142.
Ernawati, E., & Firdaus, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Kuantitas. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 212–225. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.921
Finken, M., & Ennis, R. H. (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test.
Fitria, M., Ferita, R. A., Roniannor, M., Yanti, W., & Hidayat, F. (2023). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Kompetensi Barisan dan Deret. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 384–399. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2303
Graham, K. J., & Fennel, F. (2001). Principles and Standards for School Mathematics and Teacher Education: Preparing and Empowering Teachers. School Science and Mathematics, 101(6), 319–327.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skill Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Hill, H. C., & Ball, D. L. (2004). Learning Mathematics for Teaching: Results from California’s Mathematics Professional Development Institutes. Journal for Research in Mathematics Education, 35(5), 330–351.
Ikram, M. (2016). Eksplorasi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis pada Siswa Kelas XII-IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Profesional, 1(1), 1–6.
Ilmi, M. B., & Rosyidi, A. H. (2017). Penalaran Siswa SMA dalam Pembuktian Matematika pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 57–67.
Iqlima, T. W. (2020). Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 35–39.
Kalamu, L. Y. La. (2021). Pengaruh Locus of Control Terhadap Motivasi Belajar Siswa. KAMBOTI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 133–143.
Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is It? The Mathematics Educator, 8(1), 139–151.
Latifa, A. N. (2017). Reasoning and Proof dalam Model Pembelajaran Reciprocal Materi Trigonometri Siswa SMA. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 389–399. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Lehrer, R., & Schauble, L. (2000). Developing Model-Based Reasoning in Mathematics and Science. Journal of Applied Development Psychology, 21(1), 39–48.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.
Nurfadhilah, N., & MZ, Z. A. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 171–182. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.714
Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di Kelas VIII SMP IT El-Yasin Batam. CAHAYA PENDIDIKAN, 7(2), 115–122.
Rohana, R., Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365
Tamrin, M., Sirate, St. F. S., & Yusuf, Muh. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.
Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan Penalaran dan Pembuktian Matematis pada Buku Teks Matematika SMA Kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.17002
Wardhani, S. (2008). Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/ MGMP Matematika: Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)