Analisis kebutuhan pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran matematika

Analysis of the need for developing E-LKPD to increase student interest in the mathematics learning process

  • Didi Heriyanto Universitas Jambi
  • Rusdi Rusdi Universitas Jambi
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi
Keywords: pembelajaran matematika, E-LKPD, bahan ajar digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai pengembangan LKPD berbasis elektronik, dan didasari atas banyaknya manfaat yang dimiliki bahan ajar digital dalam bentuk E-LKPD dibandingkan dengan LKPD. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK Yadika Jambi kelas 1 tahun ajaran 2023/ 2024 yang berjumlah 18 orang dan satu guru matematika di sekolah tersebut. Pengumpulan data penelitian kualitatif ini dilakukan dengan dua cara yaitu pemberian angket respons bagi 18 siswa agar memperoleh tanggapan mengenai kebutuhan lembar kerja dan wawancara bagi satu guru sebagai data deskriptif pendukung untuk membandingkan apakah penilaian yang dilakukan terhadap bahan ajar bersesuaian terhadap angket jawaban siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pengembangan E-LKPD dinilai cukup baik. Penerapan E-LKPD belum diterapkan di sekolah tersebut dan proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Selain itu, peserta didik beranggapan bahwa pengembangan E-LKPD menarik dan edukatif. Oleh karena itu, data hasil analisis kebutuhan ini digunakan sebagai studi pendahuluan untuk mengembangkan E-LKPD yang dapat digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didi Heriyanto, Universitas Jambi

Jl. Raden Mattaher No. 16 UNJA Pasar Jambi, Jambi 36133

Rusdi Rusdi, Universitas Jambi

Jl. Raden Mattaher No. 16 UNJA Pasar Jambi, Jambi 36133

Yantoro Yantoro, Universitas Jambi

Jl. Raden Mattaher No. 16 UNJA Pasar Jambi, Jambi 36133

References

Adi, T. W. (2016). Penggunaan LKS sebagai Tindakan Rasionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran (Kajian Fenomenologi di SMA N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016) [Undergraduate Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Adilla, T. N., Silitonga, F. S., & Ramdhani, E. P. (2019). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan [S1 Thesis]. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, Z., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Baihaki, B., Danaryanti, A., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz. Journal of Mathematics Science and Computer Education (JMSCEdu), 1(1), 36–43. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352

Budiarti, I., & Agustina, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Ethnomathematics Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Mafematika, 3(3), 178–187.

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Julian, R., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceedings of the 1st STEEEM, 1(1), 238–243.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Malalina, M., & Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 55–70.

Marwan, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 9–18.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.

Nurhidayati, S., Tayeb, T., & Abbas, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 236–250. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a6

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 903–913.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan teoretis dan Praktik. Kencana Prenada Media Group.

Raharjo, R. S., Triyanto, T., & Chrisnawati, H. E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Lembar Kerja Berdasarkan Teori Bruner pada Pokok Bahasan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(1), 18–23.

Wiladani, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Konsep Persamaan Dasar Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan TP 2019/2020 [Doctoal Dissertation]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yustitia, V. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. WAHANA, 64(1), 49–58.

Published
2024-04-19
How to Cite
Heriyanto, D., Rusdi, R., & Yantoro, Y. (2024). Analisis kebutuhan pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 83-92. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2636
Abstract viewed = 96 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 68 times