Profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah trigonometri
Abstract
Gaya belajar memberikan kebiasaan dan dapat mempengaruhi pemrosesan informasi dalam berpikir. Jurnal ini membahas profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Penelitian deskriptif-eksploratif digunakan dengan pendekatan kualitatif, yaitu: penentuan sumber informasi, pengembangan instrumen, pengumpulan, validasi, penafsiran, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketika memahami, pikiran mendapat input visual dari soal dan petunjuk, kemudian pembayangan mental yang muncul diolah dan direpresentasikan dalam bentuk gambar; 2) Ketika merencanakan, pikiran mendapat input visual dari gambar dan pengetahuan sebelumnya, kemudian pembayangan mental yang muncul membentuk ide; 3) Ketika melaksanakan, pikiran mendapat input visual dari hasil memahami dan merencanakan, kemudian pembayangan mental yang muncul diolah dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan tiap aktivitas untuk menyelesaikan masalah; dan 4) Ketika memeriksa kembali, pikiran mendapat input visual dari gambar-gambar yang ada, kemudian pembayangan mental yang muncul digunakan sebagai dasar perhitungan ulang sehingga diperoleh kesimpulan.
Downloads
References
Darmadi. 2013. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal pada Barisan Bilangan Real”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNS, Surakarta, 2013
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Glass, A. L., and Holyoak, K. J. 1986. Cognition (2nd ed.). Singapure: McGraw-Hill Book Company
Hayes, J. R. 1978. Cognitive Psychology: Thinking and Creating. Home wood, Illionis: The Dorsey Press
Lieb, S. 1991. Principles of Adult Learning. Senior Technical Writer and Planner, Arizona Department of Health Services and part-time Instructor, South Mountain Community College
Polya. 1973. A New Aspect of Matematical Method. Second edition. Princeton, New Jersey: Princeton University Press
Rusman. 2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21.Bandung: Alfabeta.
Santrock J W. 2009. Psikologi Pendidikan. Educational Psychology. Edisi 3. Buku 1. Jakarta: Salemba
Siswono. 2011. “Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNESA, Surabaya, 22 Oktober 2011
Solso R L, Maclin O. H, Maclin M. K. 2007. Psikologi Kognitif. 8ed. Alih Bahasa Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Editor: Wibi Hardani. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sternberg R J. 2008. Psikologi Kognitif. .Judul Asli: Cognitif Psychology. Penerjemah: Yudi Santoso. Penyuting: Saiful Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Tall. 1994a. “A Versatile Theory of Visualisation and Symbolisation in Mathematics”. Plenary Presentation at the Commission Internationale pour l’Étude et l’Amélioration de l’Ensignement des Mathématiques, Toulouse, France, July 1994
Tall. 1994b. “The Psychologyof Advanced Mathematical Thinking: Biological Brain and Mathematical Mind”. Prepared for the Working Group on Advanced Mathematical Thinking, at the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Lisbon, July 1994.
Tall. 1995. “Cognitive Development, Representations and Proof”. This paper was prepared for the Conference on Justifying and Proving in School. Mathematics, Institute of Education, London, December 1995, pp. 27–38.
Ula, S. Shoimatul. 2013. Evolusi Belajar Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)