ISpring-based instruction media that accommodate student’s learning style to support differentiated instruction

Media pembelajaran berbasis iSpring yang mengakomodasi gaya belajar siswa untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi

  • Mardiana Mardiana Universitas Lambung Mangkurat
  • R Ati Sukmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhairiah Juhairiah Universitas Lambung Mangkurat
Kata Kunci: Diferensiasi Konten, Gaya Belajar, Media Pembelajara, Pembelajaran Berdiferensiasi, iSpring

Abstrak

Kurikulum merdeka menuntut peran guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan 4 cara, salah satunya adalah dengan diferensiasi konten. Diferensiasi konten dapat dilakukan dengan menyesuaikan bagaimana materi akan diajarkan atau dipelajari siswa berdasarkan gaya belajarnya. Untuk melakukannya, guru dapat menyajikan media pembelajaran interaktif yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Untuk menyajikan media pembelajaran tersebut diperlukan bantuan teknologi yang memadai, seperti iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang mengakomodasi gaya belajar siswa untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada materi perbandingan trigonometri dengan menggunakan iSpring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba peneltian pengembangan ini dilakukan di kelas X RPL 2 SMKN 4 Banjarmasin, yang terdiri dari 36 siswa dengan dominan gaya belajar visual dan audiotori. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah dikategorikan valid dan sangat praktis untuk siswa visual dan siswa audiotori.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Choir, M., & Anistyasari, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Jurnal IT-Edu, 2(1), 118–125. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21337

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta didik. PT Remaja Rosdakarya.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/41249/25699

Fitri, Z., Zulkarnain, I., & Juhairiah, J. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Bermuatan Lahan Basah Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurmadikta, 2(3), 53–65. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1441

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Handayani, K. T. K., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII. CETJ: Computing and Education Technology Journal, 2, 1–9. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/5292

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057

Kepa, S. (2019). Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 72–85. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/364

Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan I-Spring Presenter Sebagai Media Pembelajaran ICT. Jurnal Eksponen, 9(1), 79–85. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/251

Kompri. (2017). Belajar (Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya). Media Akademi.

Mardiyah, Johar, R., & Mailizar. (2020). The Development of Trigonometry E-Modules for Senior High School Using Differentiated Instruction (DI) Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012017

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Pinunggul, R. I., Darmadi, & Apriandi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Visualisasi Menggunakan Adobe Flash Professional Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 152–158. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PSNPM/article/viewFile/620/591

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151–165. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8285

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Pertumbuhan Minat Baca Siswa. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. 122 hal. https://litbang.kemdikbud.go.id

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/486/729

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31–37. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Singh, R. G., & Bernard, M. A. (2016). Quality assurance for reusable learning objects on a peer-to-peer network. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(10), 4–10. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i10.5881

Sulisawati, D. N., Lutfiyah., & Sukma, L. (2019). Identifikasi Modalitas Belajar VAK Kombinasi Siswa dalam Pelajaran Matematika SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 32–42. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika/article/download/572/404

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi FKIP UIR, 6(1), 1–10. https://migrasi.journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1858

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1276948&val=16952&title=PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PBM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA SE-KUALA NAGAN RAYA ACEH

Usman, Lestari, L. D., Alfianisya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisfiyah, L., Aries, N. A. P., & Oktaria, R. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru Di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 32–36. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/4432/3309

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, Lailatul Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(2), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Diterbitkan
2024-02-05
Abstrak viewed = 147 times
PDF downloaded = 161 times