Analisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM kelas XI pada topik Data dan Ketidakpastian
Analysis of students’ numeration ability in solving AKM class XI questions on Data and Uncertainty
Abstract
Kemampuan numerasi merupakan keterampilan penting pada abad ke-21 ini. Siswa harus memiliki kemampuan numerasi karena diperlukan guna memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM kelas XI pada data dan ketidakpastian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 105 Jakarta. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan numerasi, wawancara serta observasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa subjek siswa berkemampuan numerasi rendah mampu menggunakan angka dan simbol, tetapi siswa belum mampu dalam menganalisis informasi, dan belum mampu dalam menafsirkan hasil analisis. Sedangkan, siswa berkemampuan numerasi sedang mampu menggunakan angka dan simbol, cukup mampu dalam menganalisis informasi, dan cukup mampu dalam menafsirkan hasil analisis. Kemudian, siswa berkemampuan numerasi tinggi mampu menggunakan angka dan simbol, mampu dalam menganalisis informasi, dan mampu menafsirkan hasil analisis.
Downloads
References
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(3), 837–849.
Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(3), 779–793.
Basri, H., Kurnadi, B., Syarifuddin, S., Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). Investigasi Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. PROXIMAL (Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72–79.
Budiono, C. S., Matematika, W. J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Artikel, I. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. UJME (Unnes Journal of Mathematics Education), 3(3), 210–219. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi Melalui Model Blended Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hanah, R., Muhsetyo, G., & Sisworo, S. (2016). Penggunaan Bahan Manipulatif untuk Memahamkan Materi Peluang pada Siswa SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 927–939.
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.
Kemdikbudristek. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 1–10.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32.
Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal AKM Siswa Kelas V. JPG (Jurnal Pendidikan Guru), 3(4), 262–267.
Kurniawan, I., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
Markus, S. (2019). The Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018: What 15-Years-Old Students in Indonesia Know and Can Do.
Mustagfiroh, M. (2020). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mendesain Multimodal Learning. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 48–62. https://kumparan.com/kumparansains/
Nadjamuddin, A., & Hulukati, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 987–996. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1999
Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Schematic Model for Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Pratiwi, I., Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2019). Long Jump in Asian Games: Context of PISA-Like Mathematics Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 81–92.
Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 4(2), 1–8.
Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–13. http://repository.uin-
Sujadi, I., Budiyono, B., Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. A. (2023). The Abilities of Junior High School Students in Solving PISA-Like Mathematical Problems on Uncertainty and Data Contents. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 102–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.51931
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1), 1–9.
Syahri, A. A. (2014). Statistika Pendidikan. 6(2), 121–129.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Wati, R. K., & Nurcahyo, A. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1689–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2380
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Yansen, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Fatimah, S. (2019). Developing PISA-like mathematics problems on uncertainty and data using Asian games football context. Journal on Mathematics Education, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5249.37-46
Yanti, W., Nusantara, T., & Qohar, A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Permutasi dan Kombinasi. In T. Fayeldi, R. Nur, V. Suwanti, & Y. Ika (Eds.), Semnasdikmat Berpikir Kreatif Matematis: Suatu Tantangan Pembelajaran Matematika untuk Semua (pp. 97–104). Universitas Kanjuruhan Malang.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 21–30. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Zahrudin, M., Ismail, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment as an Effort to Improve Reading Literacy of Students in Schools. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. https://doi.org/10.31764
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)