Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecemasan matematis pada sekolah berbasis agama Islam
Analysis of critical thinking ability in view of mathematical anxiety in islamic religion-based school
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecemasan matematis menggunakan materi SPLTV pada SMA Plus Islam Village Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif model studi kasus. Subjek penelitian ini adalah enam orang perempuan kelas X, diambil menggunakan hasil kuesioner kecemasan matematis, nilai PTS siswa, dan rekomendasi guru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemampuan berpikir kritis, metode angket kecemasan matematis, dan metode wawancara. Analisis data digunakan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu subjek yang memiliki kecemasan matematis tinggi memenuhi indikator interpretasi dan analisis. Pada indikator evaluasi dan inferensi subjek yang memiliki kecemasan matematis tinggi masih belum terpenuhi. Subjek yang memiliki kecemasan matematis sedang memenuhi indikator interpretasi, analisis, dan evaluasi. Pada indikator inferensi subjek yang memiliki kecemasan matematis sedang masih belum terpenuhi. Subjek yang memiliki kecemasan matematis rendah memenuhi indikator interpretasi, analisis, dan evaluasi. Pada indikator inferensi subjek yang memiliki kecemasan matematis rendah masih belum terpenuhi.
Downloads
References
Alvariz, D., & Miatun, A. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kecemasan Matematika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 16(1), 150–169.
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematka), 1–10.
Argarini, D. F., & Najibah, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP di Era Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 205–210. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1507
Arpin, H., Mirza, A., & Astuti, D. (2015). Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–10.
Asrawati, N. (2021). Pengaruh Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Kartika Makassar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.10
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 459–467.
Faradillah, A., & Humaira, T. (2021). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1978–1991.
Fifari, M. R. Al, & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47–60.
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & FS, C. A. H. (2020). Kecemasan Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 59–72.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.
Istiqomah, S. N., & Miatun, A. (2022). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: Smartphone Addiction dan Self-efficacy Hubungannya dengan Kecemasan Matematika Siswa SMA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 111–117.
Jannah, R. N. R., Wicaksana, P. T. S., Kartikasari, L., & Fiangga, S. (2020). Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 237–249.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62–75.
Lumbantoruan, J. H., & Natalia, S. (2021). Development of a Constructivism-Based Statistics Module for Class VIII Junior High School Students. Solid State Technology, 64(2), 4427–4444. Retrieved from www.solidstatetechnology.us
Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169–179.
Manapa, I. Y. H. (2021). Mathematics Anxiety Level of Pre-Service Elementary School Teachers During Online Learning in the Covid-19 Pandemic. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 339–352.
Oscier, C., Bosley, N., & Milner, Q. (2007). Paracetamol - A Review of Three Routes of Administration. Update In Anaesthesia, 23, 112–114.
Pratiwi, I., Yulianti, D., & Fitrianna, A. Y. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa MTs Ditinjau dari Kemampuan Resiliensi Matematik Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 171–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228
Pratiwi, P., Ajeng, L., & Wijayanti, K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Read, Think, Talk, Write Ditinjau dari Kecemasan Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 576–582.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 19–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Putri, S. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dibedakan dari Tingkat Kecemasan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohaeti, T., & Pratiwi, I. (2021). Kecemasan Matematika Peserta Didik di Era Covid-19 dan Alternatif Solusinya. Jurnal Integral, 12(1), 19–25. https://doi.org/10.32534/jnr.v12i1.1906
Rohmah, N. Z., & Mashuri, M. (2021). Mathematical Critical Thinking Ability in Terms of Mathematical Anxiety in Smart Card Assisted Brain-Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i1.41858
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)