Pengembangan modul dengan setting model treffinger dalam pembelajaran matematika kelas IX
Module development with treffinger model settings in class IX mathematics learning
Abstract
Keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran matematika adalah suatu tantangan dalam bidang pendidikan yang menghambat siswa dalam menemukan konsep. Sekolah hanya mengandalkan buku cetak dan buku LKS sebagai sumber belajar, tanpa adanya bahan ajar yang menarik dan efektif dalam membantu siswa memahami dan menikmati pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan yang ada, yaitu kurangnya sumber belajar yang menarik dan efektif dalam mengajarkan materi transformasi kepada siswa kelas IX di MTsN 5 Kota Padang. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran yang memanfaatkan model Treffinger dan memenuhi standar validitas dan praktikalitas. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang melibatkan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi dan angket praktikalitas, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas rata-rata sebesar 92,36% dan tingkat praktikalitas rata-rata sebesar 91,33%, yang menunjukkan bahwa modul ini sesuai dengan standar validitas dan praktikalitas yang dibutuhkan dalam konteks pembelajaran.
Downloads
References
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44–47.
Aswirna, P. (2018). Application Of Treatment Trait Interaction To Improve Learning Of Chemistry. SHS Web of Conferences, 42, 00114. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200114
Elvita, R. M., Yulia, Y., & Utami, N. P. (2022). Tingkat Berpikir Kreatif Peserta Didik SMPN 3 Ranah Pesisir dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Math Educa: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 29–39. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca
Fausih, Moh., & Danang, T. (2014). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 4(3), 1–9.
Ingersoll, G. M. (1974). An Instruction Decision-Making Model for Individual Differences in Reading. Journal of Reading Behavior, 6(1), 77–88.
Lestari, A. K. (2019). Pengembangan Modul Trigonometri Menggunakan Model Treffinger untuk SMK Kelas X [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Lestari, E. P. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Model Setting Treffinger untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Soal Cerita Bangun Ruang Kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung [Thesis]. IAIN Tulungagung.
Maulia, S. R., Retnowati, E., Mardika, F., & Fitriza, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi Goal-Free Problems Ditinjau dari Kemampuan Transfer, Reasoning, dan Cognitive Load Siswa. Math Educa: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 91–104.
Meyer, R. (1978). Designing Learning Modules for Inserrice Teacher Education. Centre for Advancement of Teaching.
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–37. http://www.nwlink.com/~donclark/hrd/sat1.html#model.
Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (2nd ed.). Rineka Cipta.
Oka, A. A. (2010). Pengaruh Penerapan Belajar Mandiri pada Materi Ekosistem terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA di Kota Metro. Bioedukasi, 1(2), 48–56.
Pehkonen, E., & Hannula, M. S. (2004). Mathematical Belief Research in Finland. Nordic Studies in Mathematics Education, 9(2), 23–38.
Purwaningsih, P. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP/ MTs [Skripsi]. UIN Raden Intan.
Purwanto, A., Nurjayadi, M., Suluya, R., & Ichsan, I. Z. (2020). EM-SETS: An Integrated E-Module of Environmental Education and Technology in Natural Science Learning. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(03), 7014–7025.
Rahmawati, T. D. (2010). Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 2 Malang [Tesis]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Rosyadi, A. A. P. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Mata Kuliah Kalkulus untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 128–135. http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math
Sepriyanti, N., Zulmuqim, Z., & Suryani, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang. Math Educa: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 129–141. http://ejournal.uinib.ac.id/index.php?journal=mej
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (K. Rose, Ed.). Ar-Ruzz Media.
Siswono, T. Y. E. (2005). Student Thinking Strategies in Reconstructing Theorems. International Group for the Psychology of Mathematics Education, 4, 193–200.
Sternberg, R. J. (2003). Wisdom, Intelligence, and Creativity Synthesized. The Press Syndicate of the University of Cambridge.
Sternberg, R. J., & Lubart, T. I. (2014). The Concept of Creativity: Prospects and Paradigms. In Handbook of Creativity (pp. 3–15). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511807916.003
Uloli, R., Probowo, P., & Prastowo, T. (2016). Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016: Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, Dan Inovasi Pembelajarannya, 644–647.
Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Sasindo Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 15–35.
Wahidin, D. (2009). Berpikir Kreatif.
Wirahayu, A. Y., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Keterampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktik Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 23(1), 30–40.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)