Pengaruh pembelajaran puzzle-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan belajar matematis siswa
The effect of puzzle-based learning on students’ mathematical creative thinking ability and active learning
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran puzzle-based learning berdampak pada kemampuan berpikir kreatif seiring dengan keaktifan belajar matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment yang melibatkan dua grup penelitian, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi yang terlibat di penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 8 SMPS Insan Cendekia Madani Serpong tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Pengukuran menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan non tes berupa angket keaktifan belajar matematis telah digunakan untuk mengumpulkan data. Uji-t dipakai dalam rangka pengujian hipotesis. Hasil analisis mengungkap yaitu kelompok eksperimen memiliki kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan belajar matematis yang lebih tinggi secara signifikan dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan kelas kontrol.
Downloads
References
Abdelouahab, B. (2016). Enhancing Tertiaty Students’ Creative Thinking Through Educational Puzzles. University Mohamed Kheider of Biskra.
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education, 1(1), 58–65.
Akarsu, B., Slisko, J., & Akarsu, B. (2018). Escaping Bear and Snail : How Ready Are Engineering Students for Puzzle-Based Learning ? Journal of European Education (JEE), 8(1), 1–16.
Asikin, M., Wicahyo, D. P., & Suhito. (2019). Students’ mathematical creative thinking ability in creative problem solving learning based on self-esteem. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.25263
Costa, S. A. (2017). Puzzle-Based Learning: an Approach To Creativity, Design Thinking & Problem Solving. Implications for Engineering Education. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA), 5–9. https://doi.org/10.24908/pceea.v0i0.7365
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: Pantera Publishing.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan SPSS/ Lister dalam Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Klymchuk, S. (2017). Puzzle-based learning in engineering mathematics: students’ attitudes. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(7), 1106–1119. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1327088
Malherbe, K. (2021). Puzzle Based Learning in Undergraduate Studies. International Journal for Innovation Education and Research, 9(11), 383–397. https://doi.org/10.31686/ijier.vol9.iss11.3525
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Mendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016.
Meyer, E. F., Falkner, N., Sooriamurthi, R., & Michalewicz, Z. (2014). Guide to Teaching Puzzle-based Learning. London: Springer.
Noprianilubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137. Retrieved from www.noveltyjournals.com
Nurmiasari, I. (2013). Program Bimbingan Pribadi-Sosial Berdasarkan Pendekatan Humanistik untuk Mengembangkan Konsep Diri Peserta Didik (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/3631/
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Putra, H. D., Akhidayat, A. M., & Setiany, E. P. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 9(1), 47–53.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Siswono, T. Y. E., Hartono, S., & Kohar, A. W. (2018). Effectiveness of project based learning in statistics for lower secondary schools. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2018(75), 197–212. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.75.11
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Winda, A., Sufyani, P., & Elah, N. (2018). Analysis of creative mathematical thinking ability by using model eliciting activities (MEAs). Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012106
Zaenuri, Nastiti, P. A., & Suhito. (2019). Mathematical Creative Thinking Ability Based on Students’ Characteristics of Thinking Style Through Selective Problem Solving Learning Model with Ethnomathematics Nuanced. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 49–57. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_301020
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)