Analisis keterampilan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif

Analysis of students' metacognition skills in solving minimum competence assessment (AKM) problems viewed from cognitive style

  • Zahwa Fadilatussyifa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nining Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: gaya kognitif, metakognisi, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan metakognisi siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya kognitif. Subjek pada penelitian deskriptif kualitatif ini adalah 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent dengan objek penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen yang digunakan adalah soal AKM dengan materi SPLDV dan tes GEFT. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Reduksi data diolah dari hasil tes dan wawancara dengan siswa, kemudian dipaparkan dalam bentuk narasi lalu disimpulkan proses metakognisi yang terjadi. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa field independent lebih unggul daripada siswa field dependent. Dari soal AKM yang diberikan, menunjukkan siswa field independent cenderung lebih cepat dan mudah dalam memecahkan masalah dengan menguasai empat komponen metakognisi. Sedangkan siswa field dependent belum dapat mengembangkan keempat komponen metakognisi. Siswa field dependent masih dalam tahap menguasai tahap prediksi dan perencanaan saja, sehingga penguasaan siswa field dependent mengalami perbedaan dalam setiap penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zahwa Fadilatussyifa, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57162

Nining Setyaningsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jl. Jendral Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura-Surakarta, 57102, Indonesia

References

Annur, M. F., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Aktivitas Metakognisi Siswa Kelas X SMAN 1 Tembilahan dalam Pemecahan Masalahan Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7), 7–22.

Apriyanti, R., & Masduki, S. S. (2016). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Aplikasi Perbandingan (pada Siswa Kelas VII MTs N Surakarta 2 Tahun Ajaran 2015/2016). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, I. Z. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Penggunaaan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, F. W., & Ismail, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. MATHEdunesa, 11(3), 684–698.

Izzatunniswah, S., & Seyaningsih, N. (2020). Analisis Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kamid. (2013). Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus pada Siswa SMP Berdasarkan Gender). Edumatica, 3(1), 64–72. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/1411

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.

Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85–91.

Novita, T., & Widada, W. (2018). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 67–81.

Pramesti, A. I., & Waluyo, M. (2018). Analisis Aktivitas Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dengan Gaya Kognitif (Field Dependent dan Field Independet) (Kelas VIII SMPN 2 Ampel Tahun 2017/2018) (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66127%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/66127/15/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Putri, R. S., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–7. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65911

Rahdiyanti, A. P., & Setyaningsih, N. (2018). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika SMP. Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematika). Prosiding SEMPOA.

Sili, I. F. K., & Argarini, D. F. (2018). Analisis Proses Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 57–63.

Suhatini, P. U., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD. Kadikma, 10(1), 35–44.

Syawahid, M., & Nurhardiani, N. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Formal Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 17–26.

Utami, D. P., & Setyaningsih, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning (DL) Berbasis Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa di SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wardani, D. A., Fathani, A. H., & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 16(19), 79–86.

Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147.

Published
2023-06-11
How to Cite
Fadilatussyifa, Z., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis keterampilan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 264-277. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2163
Abstract viewed = 217 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 211 times