Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal multiple solution task ditinjau dari gaya belajar
Analysis of students' creative thinking ability in solving multiple solution tasks in terms of learning style
Abstract
Pada penelitian ini implementasi berpikir kreatif akan diterapkan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal Multiple Solution Task (MST) ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 1 Sambi telah menempuh materi SPLDV 2, dipilih sebanyak 2 siswa masing-masing kategori gaya belajar visual, auditory dan kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes soal, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan subjek tipe belajar visual tersebut rata-rata telah memenuhi 4 indikator MST yaitu fluency, elaboration, flexibility, dan collaboration. Subjek tipe belajar auditory memenuhi 2 indikator MST yaitu fluency dan flexibility. Subjek tipe belajar kinestetik dari hasil penelitian tersebut didapat bahwa objek tersebut telah memenuhi 4 indikator MST yaitu fluency, elaboration, flexibility, dan originality.
Downloads
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry&Research Design Choosing Among Five Approaches. Los Angeles: SAGE Publications Ltd.
Dwi, P. H., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220
Fadlilah, C., & Siswono, T. Y. E. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Asimilasi (Assimilating) dan Konvergen (Converging) dalam Memecahkan Masalah Numerasi. MATHEdunesa, 11(2), 548–561. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p548-561
Faizah, H., Susiloningsih, W., & Sugandi, E. (2022). Profil Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SD Kelas 4. Inventa: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol, 6(1), 65–69. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a4955
Faozi, A. K. A., Hobri, Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020). Student’s problem solving abilities in Project Based Learning (PjBL) based on Learning Community (LC). Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012070
Ganiati, M. (2018). Penerapan Pendekatan Realistik Mathematics Education Terhadap Kemampuan Disposisi Matematik Siswa Smk Pada Materi Spldv Tahun Ajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1779–1784. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.169
Ikhsan, M., Munazir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro |, 6(2), 251–260. https://doi.org/10.1007/978-94-024-1042-6_19
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 8(2), 117–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Ladayatmoko, B., Muhtarom, & Indianti, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Multiple Solution Task (MST) Siswa Kelas X SMA. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(3), 236–240. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9625
Lasaiba, M. A., Lasaiba, D., Arfa, A. M., & Lasaiba, I. (2023). Structural Equation Modeling Partial Least Square for Modeling the Relationship of Readiness, Creativity and Motivation to Students’ Problem-Solving Ability. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 67–79. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.317
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Pendidikan Matematika, 5(11), 1–11.
Magdalena, I., Fatmawati, & Luthfiyah, J. (2020). Strategi Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di SD Negeri Tangerang 5. EDISI : Jurnal Edukasi Dan SainsJurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 151–168.
Mubarok, M. A., & Kurniasari, I. (2019). Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 142–147.
Purwanti, D., Fakhri, J., & Negara, H. S. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas Vii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1733
Puspitorini, A., Indraswari, N. F., & Aini, K. (2023). Pemahaman Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Blended Learning. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v9i1.1920
Sari, I. M., Sumiati, E., & Siahaan, P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.36119
Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60–68.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di sd. 439–444.
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160.
Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 110–121.
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Silogisme, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026
Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. JPT - Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139–146.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)