Pengembangan modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 2 SD

Development of grubi mathematics module to improve the ability to calculate the addition and subtraction of small numbers in grade 2 elementary students

  • Lia Nur Anggraini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrokatun Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kemampuan menghitung, modul matematika grubi, penjumlahan dan pengurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, serta respons modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 2 SD. Penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi dan media, 24 siswa kelas 2. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli, pretest-posttest berupa soal essay, dan angket respons siswa. Hasil penelitian diperoleh (1) penilaian kelayakan modul dari ahli materi 92,5% dan ahli media 96,7% dengan keduanya dalam kriteria “sangat baik”, (2) keefektifan modul dari hasil tes dengan one group pretest-posttest design diperoleh nilai rata-rata pretest (78,79) yang lebih rendah dari pada posttest (91,38) berarti belajar siswa mengalami peningkatan, (3) modul mendapat respons dari siswa dalam persentase sebesar 89,30% dengan kriteria “sangat baik”. Melalui data tersebut ditunjukkan bahwa modul matematika grubi layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar atas dasar kevalidan dari para ahli, efektivitas dan respons siswa dalam pengembangan modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Teruntuk para guru kelas dua yang melaksanakan pembelajaran matematika pada materi yang serupa agar menggunakan modul matematika grubi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lia Nur Anggraini, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

Isrokatun Isrokatun, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

Ani Nur Aeni, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

References

Aeni, A. N. (2015). Medewinjadi Guru Sd Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331

Aeni, A. N., Nofriani, A. N., Fauziah, I. A., & Fauzi, I. A. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 2(6), 279–287.

Aeni, A. N., Pratidina, S. K., Rahmah, A. A., & Nurhalimah, I. (2022). Pengembangan Video Animasi Kayla Berbicara Sebagai Media Dakwah Untuk Meningkatkan Perilaku Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 07(36), 58–84.

Aisyah, N. (2020). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2019). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 23. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p023-029

Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal E-DuMath, 1(1), 52–63.

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Dewi, W. P., Ramadhiani, D. A., Mukarromah, K., Rahayu, M., & Aeni, A. N. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Guru. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 82–93. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/1918/1211

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416.

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di Sd. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Jamaludin, (U). (2017). Pembebangan Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: Nurani.

Maulida, M., Sari, P., & Purwanto, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Model Neutralization on a Number Line (NNL). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 56–69. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.131

Negara, R. M. H. ., Suherman, A., & Yayat. (2019). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berdasarkan kurikulum smk 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 64–70.

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 201–209.

Ramadhani, R., & Amudi, A. (2020). Efektifitas Penggunaan Modul Matematika Dasar Pada Materi Bilangan Terhadap Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 64. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2443

Rudyanto, H. E., HS Kartikasari, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al-Fabeta.

Sujarweni, V., W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukaenah, Q., Damanhuri, & Yuliana, R. (2019). Pada Mata Pelajaran Ips. 2(1).

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Wahiddah, S. A. N., Lathipah, L., Indaryanti, D., Fadilah, Z. P., & Aeni, A. N. (2022). Cerita Ihsan: E-book Interaktif sebagai Upaya Pengembangan Materi Ulul Azmi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4182–4191. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2778

Published
2023-04-15
How to Cite
Anggraini, L. N., Isrokatun, I., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 2 SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 157-172. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2132
Abstract viewed = 332 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 306 times