Pengembangan aplikasi kamus istilah matematika sebagai media pembelajaran
Application development of dictionary of mathematical terms as a learning medium
Abstract
Pada pembelajaran matematika di sekolah, guru hanya berfokus mengajarkan pengaplikasian rumus dalam permasalahan matematika. Namun tidak disadari bahwa siswa sulit mengikuti pembelajaran karena tidak mengetahui makna dari istilah dan simbol dalam matematika. Akibatnya, penurunan hasil belajar matematika siswa tidak terhindarkan. Oleh karenanya, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi yang layak, efektif, serta praktis dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan tahapan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas XII IPA 3 MAN Batu Bara dengan instrumen berupa angket juga tes. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan produk dengan persentase sebesar 95,83% dari ahli media dan 90% dari ahli materi, dan menunjukkan praktis dengan persentase sebesar 96,875% dari guru pelajaran. Adapun hasil uji N-Gain yang menunjukkan keefektifan produk sebesar 0,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media yang layak, efektif, dan juga praktis.
Downloads
References
Abdan, H., Hasan, A. M., & Nusantari, E. (2018). Pengembangan Kamus Elektronik Berbasis Aplikasi Microsoft Excel Materi Hereditas untuk SMA Kelas XII IPA. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(01), 77–86.
Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi POKAMATH Pada Materi Aljabar Kelas VII. FIBONANSI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10
Dewi, N. R., Anggraeni, E. D., Muktiari, B. R., & Safitri, A. (2021). Book Chapter Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika (D. S. M. Ibrahim (ed.)). Universitas Hamzanwadi Press.
Ghiffary, M. N. El, Susanto, T. D., & Herdiyanti, A. (2018). Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Pengunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). Junral Teknik ITS, 7(1), A143–A148. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28723
Hamdani, M. F., & Priatna, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Android untuk Siswa SMP / MTs dan SMA / MA. 4(4), 163–170. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12795
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.
Karlina, I., Kurniah, N., & Ardina, M. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam Pembelajran SAINS pada Anaka Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.89-90
Kemendikbud, B. P. B. dan P. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Kurnia, Y. Y., & Ismayati, E. (2019). Pengembangan Digital Book Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada Siswa Kelas XI SMKN 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro, 8(3), 437–441.
Lestari, S. I., & Listiadi, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar e-book Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. AKUNTABEL, 18(2), 360–369. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i2.9767
Nisa, C., & Agung, Y. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran MULTISIM10 Simulations pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(02), 311–317.
Nuristiqomah, R. P., & Anistyasari, Y. (2021). Pengembangan Kamus Istilah Basis Data Berbasis Website Menggunakan Algoritma Cosine Similarity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(02), 621–630.
Priangga, Y. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1116–1126. https://doi.org/10.31004/cendikia.v5i2.599
Purwati, L. (2020). Kamus Matematika SMP/SMA. Bhuana Ilmu Popoluer Kelompok Gramedia.
Saputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072
Sinaga, M. S., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1301–1314. https://doi.org/10.31004/cendikia.v6i2.1361
Sudarsanto, E., & Yundra, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(01), 49–56.
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran (D. Ariyanto (ed.)). Pustaka Abadi.
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 859–872. https://doi.org/10.31004/cendikia.v6i1.1294
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (R. Al-Hana (ed.)). KENCANA.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)