Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar
The effect of problem-based learning on mathematics problem solving ability and self-regulated learning
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar sangat penting dimiliki siswa terutama dalam menyelesaikan masalah matematika yang merupakan kompetensi dasar mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemandirian belajar. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN di Kecamatan Gunung Bintang Awai. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling yang dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama memilih sekolah dan tahap berikutnya memilih kelompok. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 3 butir soal uraian dan kuesioner kemandirian dengan skala Likert sebanyak 10 butir pernyataan. Data penelitian dianalisis menggunakan aplikasi Minitab 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemandirian belajar.
Downloads
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analysis of problem solving ability and mathematical disposition of class XI SMA Putra Juang students in opportunity material. Journal Cendekia: Journal of Mathematics Education, 2(1), 144–153.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deepublish.
Dahlan, J. A. (2014). Analisis kurikulum matematika. Universitas Terbuka.
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1).
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300
Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 01(02), 1–8.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.
Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (3), 355–360.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika. Alfabeta.
Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40–48.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematic. Copyright © 2000 by The National Council of Teachers of Mathematics.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Rahim, R. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar matematis siswa SMK Negeri 5 Medan dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 68–81.
Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127–134.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenadamedia Group.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar peserta didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35–46.
Siagian, T. A., Armanto, D., & Siagian, P. (2021). Development of learning device oriented problem based learning to improve student’s mathematical problem solving skill. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 12056.
Siregar, T. J. (2019). Peningkatan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2), 203–213.
Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13–27.
Sudarwo, R., Yusuf, Y., & Anfas, A. (2018). Pengaruh sarana belajar dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar mahasiswa (Studi Empirical Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate). Jurnal Pendidikan, 19(2), 68–83.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368–388.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.
Wulandari, N. A. D. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika materi lingkaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo tahun pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 8–15.
Yuwono, I. (2015). Seminar dan workshop pendidikan matematika. Universitas Terbuka.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)