Identifikasi kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMPN 61 Jakarta Barat
Identification of critical thinking skills in mathematics students of class VIII SMPN 61 West Jakarta
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan berpikir tingkat tinggi. Kompetensi ini dibutuhkan untuk mendukung siswa dalam berpikir dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan identifikasi awal mengukur kemampuan berpikir kritis siswa untuk dapat menjadi acuan dalam merancang model atau strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi lingkaran, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampPemilihan subjek penelitian didasari oleh hasil observasi peneliti terhadap masalah yang ada di lapangan yang kemudian didiskusikan dengan guru mata pelajaran. Hasil pekerjaan siswa ditelaah dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa berada pada kriteria rendah, dengan kata lain kemampuan berpikir kritis siswa belum memenuhi indikator yang optimal, yaitu interpretasi sebesar 38,24%; analisis sebesar 49,02%; evaluasi sebesar 47,3%; dan inferensi sebesar 26,47%.
Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
As’ari, A. R., Ali, M. N., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) melalui Matematika. Universitas Negeri Malang.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2), 165–182. https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, XXVII(1), 1–30. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. (Vol. 1). Erlangga.
Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kemdikbud. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud. Kemdikbud., 1(2), 58–72.
Lestari, M. F., Dumeva Putri, A., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. JRPIPM, 2(2), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606
Putri, R. D., Yuanita, P., Kartini, K., & Roza, Y. (2022). Analysis of mathematical critical thinking ability of junior high school students in solving circle problem. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 223–235. https://doi.org/10.33654/math.v8i3.1944
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2).
Rahimah, N. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jpl.v14i1.637
Rahmawati, S., & Masykuri, M. (2019). Seminar Nasional Pendidikan Sains. 173.
Sari, S. P., & Ariani, N. M. (2022). Pengembanan Soal pada Materi Lingkaran untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(1), 50–59. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2230
Septiani, T. (2018). Upaya Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Improve. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i1.7353
Suryani, T., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTs Assalam Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(1), 345–364.
Susandi, A. D. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika. SIGMA, 6(1), 26–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v6i2.864
Watson, G., Glaser, E., & Psychological Corporation. (2002). Watson-Glaser critical thinking appraisal, UK edition : practice test. Psychological Corporation.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)