Pengembangan aplikasi Marbel Matma untuk pembelajaran matematika pada materi pecahan kelas 4
The development of the Marbel Matma application for learning mathematics fraction theory in class IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi serta keefektifan aplikasi pembelajaran matematika Marbel Matma (Mari Belajar Matematika Bersama) sebagai media pembelajaran di sekolah dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan biasa. Penelitian ini memakai metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SD IT AL-Maqom Kota Cimahi Kabupaten Cimahi Utara Jawa Barat. Tes dan survei jawaban digunakan sebagai metode pengumpulan data dengan instruktur sebagai spesialis media dan ahli materi pelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, dan 10 siswa kelas IV yang mengikuti tes dibagi menjadi satu kelompok untuk pretest dan posttest. Siswa memperoleh rata-rata hasil pretest sebesar 48,00 dan rata-rata hasil posttest sebesar 76,00 apabila menggunakan uji normalitas dan uji Paired Sample. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tes siswa pada mata pelajaran telah meningkat sebagai hasil dari penggunaan program Marbel Matma. Di tingkat sekolah dasar, pembagian pecahan biasa dapat membantu siswa memahaminya dengan lebih baik dan membuatnya lebih praktis untuk digunakan sebagai alat pembelajaran aritmetika.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2014). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Arini, N. L. P. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 50–59.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi, 4(5), 352–359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006
Hanafi, H. F., & Samsudin, K. (2012). Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3(3), 1–5. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2012.030311
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 66–87.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Journal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 43–54.
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234
Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, 4(2), 145–154.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat 1 Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204–215.
Rohinah, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android di Sekolah Menengah Atas. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 79–94.
Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355
Siahaan, K. W. A., Manurung, H. M., & Siahaan, M. M. (2020). Android-Based Learning Media Development Strategies During Pandemic Times To Improve Student Science Literature. International Journal of Education and Humanities, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.58557/ijeh.v1i1.4
Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Waskito, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(1), 20–26.
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)