Pengaruh penggunaan e-learning disertai video pembelajaran pada materi matriks
Effect of using e-learning with learning video on matrix
Abstract
Penelitian ini berbentuk eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan E-learning disertai video pembelajaran terhadap literasi matematika pada materi Matriks pada peserta didik kelas XI Man di Pontianak. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA MAN di Pontianak. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan WhatsApp dan Google Meet disertai video pembelajaran. Sedangkan kelas XI MIPA 1 merupakan kelas eksperimen dengan menggunakan E-learning disertai dengan video pembelajaran. Serta untuk alat pengumpulan datanya sendiri peneliti menggunakan lembar observasi dan soal tes. Lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Soal tes yang digunakan adalah tes literasi matematika. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t setelah memenuhi uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung = 1,655 lebih besar dari ttabel = 1,424. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Google Classroom dengan video pembelajaran terhadap literasi matematika peserta didik.
Downloads
References
Amina, Gusniawati, & Sanjaya, H. (2021). the Role of E-Learning in Optimizing Student’S Mathematics Literation. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 72–79. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.72
Clark, R.C. & Mayer, R. E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Darma, B. (2022). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Faulinda, E. N., & Ni’mal, ‘Abdu Aghni Rizqi. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Fauzi, A. (2020). E-Learning Berbasis Moodle Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 28–39.
Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Implementasi Pendekatan Konstekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 557–558.
Gunawan, G. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme developing mathematics learning kits based on contructivism. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 47–56.
Indriaturrahmi, I., & Sudiyatno, S. (2016). Peran Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan Smk Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 162. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.6277
Irawan, R., & Surjono, herman dwi. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dalam Peningkatan Pemahaman Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris. 5(1), 1–11.
Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057
Kocyigit, E. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika. Jurnal EduTech, 13(3), 1576–1580.
Leonard, WIbawa, B., & Suriani. (2019). Model Dan Metode Pembelajaran Di Kelas.
Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam memecahkan Masalah Literasi Matematis pada Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106
Maryanti, S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 293–302. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.2680
Mulyono, B., Kusumah, Y. S., & Rosjanuardi, R. (2018). Cara Identifikasi Pengetahuan Prosedural Dan Pemahaman Konseptual Mahasiswa Terhadap Materi Limit. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 73–82. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6706.73-82
Nawawi, S. S., Nasir, N. F., Syah, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Al-Qur’an Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 153–163.
Rusman et al. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. PT. Raja Grafindo.
Sriyatun, S., Masrukan, & Wardono. (2018). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Kuantum Metode Mind Mapping Berbantuan Schoology Berdasarkan Minat. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 145–154.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Zand, V. S. (2015). Modern Journal of Language Teaching Methods. 5(3), 1–487.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)