Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran think-pair-share
Analysis of mathematical communication ability reviewing from learning style of students class VIII in the think-pair-share learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share yang ditinjau berdasarkan gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan subyek penelitian enam orang siswa kelas VIII D SMPN 7 Kota Serang yang dipilih secara purposive sampling yang mewakili setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data dengan dilakukan dengan cara penggunaan angket gaya belajar, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu dalam menghubungkan benda nyata ke dalam bentuk ide-ide matematika, mampu dalam menyajikan ide-ide matematik dalam bentuk simbol-simbol matematika, mampu dalam menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik secara tertulis dengan gambar, cukup mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan dan mampu dalam mengkomunikasikan kesimpulan jawaban yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan. (2) siswa dengan gaya belajar auditorial cukup mampu untuk setiap indikator yang pertama dan mampu untuk indikator kemampuan komunikasi lainnya. (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu dalam menghubungkan benda nyata ke dalam bentuk ide-ide matematika, dan cukup mampu untuk indikator kemampuan komunikasi yang lainnya.
Downloads
References
Aliffianti, T. R., Kurniati, N., Humaira Salsabila, N., & Turmuzi, M. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPN 5 kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 461. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Anintya, Y. A., Pujiastuti, E., & Mashuri. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII pada Model Pembelajaran Resource Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 37–43.
Falah, B. N. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Euclid, 6(1), 25–34. http://dx.doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Hamdani, V., Buyung, B., & Yarmayani, A. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA Islam Alfalah Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 40. https://doi.org/10.33087/phi.v3i1.63
Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131–135. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5009
Ismarwan, Bambang, & Hamdani. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian FKIP UNTAN.
Khairunnisa. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Islamiyah Urung Pane.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In USA: NCTM.
Ningrum, R. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213–222.
Nugroho, A. D., Zulkarnaen, R., & Ramlah. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Factor M, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1440
Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120
Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi dan Pembelajaran Matematika Generasi Milenial. Prosiding Sendika, 5(1), 508–514. https://www.researchgate.net/publication/334986462_Teknologi_dan_Pembelajaran_Matematika_Generasi_Milenial
Potter, M. L. (2010). From search to research: Developing critical thinking through web research skill. In microsoft corporation.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syarifah, T. Jamilatus, Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(2), 1–19.
Tiffani, H. (2015). Profil Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif. Jurnal Kependidikan Dasar.
Usman, M. R., Patalo, A. R. G., & Djadir, D. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 127-142. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i2.4331
Usman, M. R., Akib, I., Baharullah, B., & Samriati, S. (2022). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4013
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)