Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru yang berjumlah 30 orang siswa dengan 8 orang siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2011 sampai dengan 17 Maret 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM 65 pada skor dasar sebanyak 15 siswa, siklus I sebanyak 22 siswa, dan siklus II sebanyak 25 siswa atau dalam bentuk persentase 50%, 73.33% dan 83.33%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru.
Downloads
References
Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Bintang Pustaka.
Silberman. 2009. Pembelajaran Aktif. Jakarta: Pustaka Insan Madani.
Sri. 2009. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: FKIP UIR.
Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)