Peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan pendekatan STEAM menggunakan 4DFrame Toolkit
Fostering students’ motivation to learn mathematics through steam project using 4DFrame Toolkit
Abstract
Salah satu dampak pandemi pada pendidikan adalah proses pembelajaran yang harus berubah menjadi pembelajaran online. Beberapa siswa tidak siap menerima perubahan ini sehingga menurunkan motivasi belajar matematika. Guru harus menemukan cara baru agar motivasi belajar meningkat. Salah satunya menggunakan pendekatan STEAM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proyek STEAM menggunakan 4Dframe mampu meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini siswa belajar tentang segitiga dan segiempat dengan membuat bola dari sedotan dan merancang “Taxi Ijen” menggunakan 4Dframe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Partisipan penelitian adalah 15 siswa kelas VII SMPN 3 Arjasa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik deskriptif. Hasil lembar observasi menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 28,8%. Namun pada indikator keaktifan siswa seperti bertanya, menjawab pertanyaan, dan berpendapat masih memiliki nilai di bawah 75%. Sedangkan hasil angket motivasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukkan dengan 0% siswa memiliki motivasi rendah, 6,67% memiliki motivasi sedang, 67,67% memiliki motivasi tinggi, dan 26,67% memiliki motivasi sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa proyek STEAM menggunakan 4Dframe dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Arjasa.
Downloads
References
Amini, N. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Sektor Pendidikan Terutama Bagi Pelajar. Jurnal Pendidikan Psikologi, 4(1). https://doi.org/10.31234/osf.io/x3m96
Argianti, A., & Andayani, S. (2021). Keefektifan pendekatan STEM berbantuan Wolfram Alpha pada pembelajaran matematika ditinjau dari motivasi dan kemandirian belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.35263
Azwar, S. (2013). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chittum, J. R., Jones, B. D., Akalin, S., & Schram, Á. B. (2017). The effects of an afterschool STEM program on students’ motivation and engagement. International Journal of STEM Education, 4(1). https://doi.org/10.1186/s40594-017-0065-4
Cordova, D. I., & Lepper, M. R. (1996). Intrinsic Motivation and the Process of Learning: Beneficial Effects of Contextualization, Personalization, and Choice. Journal of Educational Psychology, 88(4). https://doi.org/10.1037/0022-0663.88.4.715
Dodeen, H. M., Abdelfattah, F., & Alshumrani, S. (2014). Test-taking skills of secondary students: The relationship with motivation, attitudes, anxiety, and attitudes towards tests. South African Journal of Education, 34(2). https://doi.org/10.15700/201412071153
Hannula, M. S. (2006). Motivation in mathematics: Goals reflected in emotions. Educational Studies in Mathematics, 63(2). https://doi.org/10.1007/s10649-005-9019-8
Hill-Cunningham, P. R., Mott, M. S., & Hunt, A.-B. (2018). Facilitating an Elementary Engineering Design Process Module. School Science and Mathematics, 118(1–2). https://doi.org/10.1111/ssm.12259
Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1). https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76
Hurley, M. M. (2001). Reviewing Integrated Science and Mathematics: The Search for Evidence and Definitions from New Perspectives. School Science and Mathematics, 101(5). https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb18028.x
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Julià, C., & Antolí, J. Ò. (2019). Impact of implementing a long-term STEM-based active learning course on students’ motivation. International Journal of Technology and Design Education, 29(2). https://doi.org/10.1007/s10798-018-9441-8
Lavicza, Z., Fenyvesi, K., Lieban, D., Park, H., Hohenwarter, M., Mantecon, J. D., & Prodromou, T. (2018). Mathematics Learning Through Arts, Technology and Robotics : Multi-and Transdisciplinary Steam Approaches. . . In EARCOME 8 : 8th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, 2, 28–29.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mohd. Hafiz, N. R., & Ayop, S. K. (2019). Engineering Design Process in STEM Education: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(5). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i5/5998
Palou, E., Husted, S., Chávez-Torrejón, G., Ramírez Apud, Z., Gazca, L., Gutiérrez Cuba, V. J., Ramírez-Corona, N., & López-Malo, A. (2015). Emerging Technologies for STEAM Education: Full STEAM Ahead. Dalam Educational Communications and Technology: Issues and Innovations.
Park, H.-G. (2013). The 3rd Soil 4dFrame (Vol. 2). Seoul: 4DLand.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Springer, L., Stanne, M. E., & Donovan, S. S. (1999). Effects of small group learning on undergraduates in science, mathematics, engineering, and technology: A meta-analysis. Review of Educational Research, 69(1). https://doi.org/10.3102/00346543069001021
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Metrologia, 53(5).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Waege, K. (2009). Motivation for learning mathematics in terms of needs and goals. Proceedings of CERME 6. http://ife.ens-lyon.fr/publications/edition-electronique/cerme6/wg1-06-waege.pdf
Wicaksono, A. B. (2014). Keefektifan Pendekatan Open Ended dan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)