Media pembelajaran interaktif articulate storyline 2 pada materi transformasi kelas IX SMP
Articulate storyline 2 interactive learning media in transformation materials for class IX junior high school
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi transformasi menggunakan Articulate Storyline 2 yang valid. Metode penelitian ini adalah research and development menggunakan model ADDIE. Model ini selanjutnya dimodifikasi sesuai kebutuhan dari peneliti menjadi 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket kevalidan dan angket kepraktisan dari siswa. Teknik analisis data digunakan analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan dua validator ahli dan praktisi, serta siswa SMP kelas IX sebanyak 15 orang. Hasil penilaian dari empat validator diperoleh rata-rata penilaian sebesar 87,19 dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil analisis respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 94,72 yang termasuk kategori praktis. Berdasarkan hasil analisis data dari validasi ahli dan praktisi serta angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 2 pada materi transformasi yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.
Downloads
References
Aholongan, A., Suripah, S., Amelia, S., & Yolanda, F. (2021). Minat Peserta Didik Terhadap Penggunaan Software Algebrator Sebagai Media dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1834–1841.
Alzaber & Zetriuslita. (2020). Model-Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 (Pelatihan Untuk Guru-guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar). Community Education Engagement Journal, 2(1), 30–37.
Astriawati, N. (2020). Ningrum Astriawati Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Media Interaktif Berbasis Videoscribe .... © by Author ( s ). 6(3), 321–333. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1063
Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2007). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4743(1), 25–36.
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2).
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–201.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26.
Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19 [Alternative Geometry Learning Assisted by GeoGebra Software during the Covid-19 Pandemic]. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367.
Pratama, A. P., Kharisma, A. P., & Wihandika, R. C. (2019). Pengembangan Aplikasi Daily Quest: Aplikasi Untuk Menangani Kemalasan Pada Anak Menggunakan Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 3(10), 964X.
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35.
Putri, K. E., & Damayanti, S. (2019). Pengembangan E-Learning Menggunakan Portal Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 117–132.
Rahim, R., Rahman, M. A., & Putri, E. E. (2020). Development of Kahoot application as learning media for online learning in the covid-19 pandemic. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 308–320. https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1111
Rahmiati dan Didi Pianda. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matematika di Depan Kelas. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84–92. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225
Suripah, S., & Retnawati, H. (2019). Student Mathematical Connection Ability in Representing Multiplication at the Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 12080. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012080
Suryani, E. S., & Andriani, S. (2020). Evaluasi Formatif Mahasiswa Terhadap Karakteristik Dan Keterampilan Mengajar Dosen Berkaitan Dengan Prestasi Belajar Matematika Di Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2458
Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 73–83. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225
Tan, S., Zou, L., Wijaya, T. T., & Dewi, N. S. S. (2020). Improving student creative thinking ability with problem-based learning approach using hawgent dynamic mathematics software. Journal on Education, 2(4), 303–312.
Utami, Y. S., & Wahyudi. (2020). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 62–71.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)