Mobile learning terintegrasi Appy Pie: Desain dan kelayakannya untuk membantu proses pembelajaran geometri 3D di masa pandemi Covid 19
Appy Pie integrated mobile learning: Design and feasibility to help the 3D geometry learning process in the time of Covid 19 pandemic
Abstract
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penggunaan ICT memberikan warna baru dalam interaksi proses pembelajaran. Namun, masih banyak kendala yang dihadapi ketika mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini menyoroti kelayakan dari mobile learning berbantuan Appy Pie pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid 19. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan-tahapan analisis, pendesainan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Pada penelitian ini tahap evaluasi tidak dilakukan karena keterbatasan waktu pelaksanaan. Tahap analisis yang dilakukan yakni analisis masalah dan kebutuhan, analisis ruang lingkup materi, analisis proses integrasi dan pengumpulan bahan pendukung. Selanjutnya untuk tahap pendesainan melakukan proses penyusun desain instruksional, menyusun alur kerja dan alur cerita dan menyiapkan aset-aset elemen pembuatan produk. Tahap pengembangan yakni menghasilkan aplikasi berbantuan Appy Pie materi geometri bangun ruang. Tahap implementasi melakukan proses pengujian internal, penilaian ke ahli media dan ahli materi, uji lapangan. Berdasarkan hasil temuan diperoleh bahwa aplikasi mobile learning terintegrasi Appy Pie layak digunakan untuk pembelajaran geometri di kelas VIII SMP. Oleh karena itu, aplikasi mobile learning terintegrasi Appy Pie memiliki potensi meningkatkan pemahaman geometri siswa sekolah.
Downloads
References
Crossley, S. A., & McNamara, D. S. (2016). Adaptive educational technologies for literacy instruction. Adaptive Educational Technologies for Literacy Instruction, 1–310. https://doi.org/10.4324/9781315647500
Diantari, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Online App Builder Appy Pie Pada Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial Kelas Xi Bdp Di Smkn 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 461–467.
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher Technology Change. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551
Farida Retno Wardhani. (2017). Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji Kompetensi Guru (UKG) Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Adminsitrasi Perkantoran di Surakarta Tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 75–84.
Gebremeskel, G. B., Kebede, A. A., & Chai, Y. (2016). The Paradigm Role of ICT for Behavioral and Educational Psychology: The Case of Developing Countries. International Journal of Information and Education Technology, 6(4), 301–307. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.704
Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science, 1(2), 175–191. https://doi.org/10.21890/ijres.23596
Kholifa, I., Suswanti, S., & Nuryadi, N. (2019). Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 104. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.876
Lee, K. yuen, & Lai, Y. chi. (2017). Facilitating higher-order thinking with the flipped classroom model: a student teacher’s experience in a Hong Kong secondary school. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-017-0048-6
Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437
Mellawaty & Taufan, M. (2021). LMS-Google Classroom Digital Platform: Impact on the Critical Thinking Ability, Self-Concept, and Mathematics Anxiety of Pre-Service Mathematics Teachers during the Covid-19 Pandemic in Indramayu, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012126
Midoro, V. (2013). Guidelines on Adaptation of the UNESCO ICT Competency Framework for Teachers: Methodological Approach on Localization of the UNESCO ICT-CFT.
Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 5(1), 1–13.
Rasilah, Dahlan, J. A., & Sudirman. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Classroom Saat Pendemi Covid19 dan Dampaknya terhadap Partisipasi Peserta Didik. Gema Wiralodra, 11(2), 170–181.
Rasilah, Dahlan, J. A., & Sudirman, S. (2021). Technological , Pedagogical and Content Knowledge untuk Guru Matematika di Era Digital : Literature Review. Gema Wiralodra, 12(1), 84–93.
Ratnasari, D., Oktaviyanti, D., Sukmawati, S. S., & Setiyawati, E. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Program APPY PIE untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 158. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13149
Sudirman, Mellawaty, Yaniawati, P., & Indrawan, R. (2020). Integrating local wisdom forms in augmented reality application: Impact attitudes, motivations and understanding of geometry of pre-service mathematics teachers’. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(11), 91–106. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.12183
Sudirman, S., Yaniawati, R. P., Melawaty, M., & Indrawan, R. (2020). Integrating ethnomathematics into augmented reality technology: Exploration, design, and implementation in geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032006
Sudirman, Sudirman, Kusumah, Y. S., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Augmented Reality Blended Learning Instruction : The Impact on Growing Motivation, Attitudes, and Knowledge in 3D Geometry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 674–683.
Sukardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Korelasi Hasil UKG SMA Tahun 2015 dengan Hasil UN Matematika SMA Tahun 2016 Daerah Istimewa Yogyakarta. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.7920
Yanti, N. S., & Huda, Y. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android “Appypie” Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(4), 114–120.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)