Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan discovery learning dan problem based learning ditinjau dari kecerdasan emosional

Differences of student mathematics learning results with discovery learning and problem based learning from emotional intelligence

  • Sunyoto Hadi Prayitno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hesty Prasetya Dwi Utami Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: PBL, hasil belajar, discovery learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan ingin mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran DL serta PBL ditinjau dari KE pada siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Surabaya dengan materi persamaan garis lurus. Populasi yang digunakan siswa kelas VIII dan sampel yang terpilih yaitu kelas VIIIB dengan model pembelajaran DL serta kelas VIIIA dengan model pembelajaran PBL. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner serta tes hasil belajar matematika. Dari perhitungan data didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,639 pada hasil tes belajar dengan kategori KE tinggi. Sedangkan tes hasil belajar dengan kategori KE sedang didapat  nilai sig.(2-tailed) 0,048 serta KE rendah diperoleh nilai sign.(2-tailed) 0,016. Hasil penelitian ini didapatkan  bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran DL dan PBL ditinjau dari KE tinggi dan tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran  DL serta PBL dilihat dari KE sedang dan KE rendah di siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Surabaya tahun 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Uno, H. (2011). No Title (Cetakan Ke). PT. Bumi Aksara.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Jurnal IAIN Padangsidimpuan, 4(1), 64–75. http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/download/721/633

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9.

Nurochim, S. R., & Prihatnani, E. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-biometrikd8bc041810full.pdf

Prayitno, S. H. (2017). Profil Pemahaman Konseptual Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Kecerdasan Emosional Rendah. In M. Athoillah, S. Maya P, R. K. Putri, F. Fitriani, & E. Susilowati (Eds.), Seminar Pendidikan Matematika Tahun 2017 (p. 837). Adibuana University Press. file:///G:/JURNAL/prosiding2017.pdf

Prayitno, S. H., & Muttaqien, S. (2018). Jurnal Edukasi, 4(2), 43–54. http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/227/190

Shoimin, A. (2017). No Title (Rose KR (ed.); Cetakan I). AR-RUZZ MEDIA.

Wibawa, I. S. (2019). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Dan Yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Di Smk Pgri Sentolo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kenedi, A. K., & Hendri, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10-24.

Meilantifa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Ilmiah SOULMATH, 59-64.

Prayitno, S. H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika Abad 21. Katalog Buku Karya Dosen ITATS, 4.

Prayitno, S. H., & Muttaqien, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi, 164-165.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 53.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Musharafa, 63-73.

Paloloang, M. F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 68.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11-21.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 260-271.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sejarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 30-42.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 62-72.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 11-18.

Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Negeri Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 113-126.

Published
2021-09-13
How to Cite
Prayitno, S. H., & Utami, H. P. D. (2021). Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan discovery learning dan problem based learning ditinjau dari kecerdasan emosional. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 159-169. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1238
Section
Research
Abstract viewed = 304 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 208 times