Literasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif

Student’s mathematical literacy in solving PISA model problems based on the reflective-impulsive cognitive style

  • Astrie Pratiwi Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Susanah Susanah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: literasi matematik, soal model PISA, gaya kognitif reflektif-impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan literasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Indikator literasi matematik dinilai pada proses merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-C SMP AL Muslim Sidoarjo. Matching Familiar Figure Test digunakan untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes gaya kognitif (TGK) dan tes kemampuan matematika (TKM). Selanjutnya, dipilih subjek seorang siswa dengan gaya kognitif reflektif dan seorang siswa impulsif berkemampuan matematika setara. Subjek akan mengerjakan soal tes literasi matematik (TLM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif memenuhi semua indikator literasi matematik untuk soal perubahan dan hubungan serta ruang dan bentuk. Siswa impulsif memenuhi semua indikator literasi matematik untuk soal perubahan dan hubungan. Namun, siswa impulsif tidak memenuhi indikator literasi matematik pada soal dengan konten ruang dan bentuk. Oleh karena itu, guru disarankan lebih banyak memberikan latihan  untuk mengembangkan literasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal model PISA dengan konten yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi (Y. N. I. Sari (ed.)). Bumi Aksara.

Fadillah, L., kartono, & supriyadi. (2019). Peran Tutor Feedback dalam Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 533–539.

Fajriyah, E., Mulyono, & Asikin, M. (2020). Mathematical Literacy Ability Reviewed from Cognitive Style of Students on Mind mapping Learning Model with Constructivism Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 57–64.

Hakim, R. N. (2020). Mendikbud Nadiem: UN Diganti Jadi Penilaian Kompetensi Minimum Sesuai PISA.

Kamaliyah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2013). Developing the sixth level of PISA-like mathematics problems for secondary school students. Journal on Mathematics Education, 4(1), 9–28. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.559.9-28

Kemendikbud. (2019). 6 Medali untuk Indonesia di Ajang Olimpiade Matematika Internasional.

Making, S. (1998). Principles and Standards for School Mathematics. Journal of Equine Veterinary Science, 18(11), 719. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.

Nurdianasari, H., Rochmad, & Hartono. (2015). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Berdasarkan Gaya Kognitif. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(2), 76–83.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). In OECD Publishing (Vol. 1). https://doi.org/10.1787/9789264201118-en

OECD. (2019). What is PISA?”, in PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/2c7c311d-en

Ovan, & Nugroho, S. E. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi Siswa pada Model Pisa-Cps. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 96–102.

Pratama, A. R., Saputro, D. R. S., & Riyadi, R. (2018). Problem solving of student with visual impairment related to mathematical literacy problem. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012068

Ramadhan, F., Hajidin, & Abidin, Z. (2019). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Peluang, 7(1), 151–156. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13519

Rifai. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rochika, N. D., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pelajaran Biologi melalui Model Means Ends Analysis ( MEA ) Menggunakan Media Visual Analysis of Critis Thinking Reflectif and Impulsive Cognitive Style Students on Biology Learni. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 562–566.

Rubianingsih, S. (2019). 4 Poin Dalam Penyusunan RPP K-13.

Salido, A., Suryadi, D., Dasari, D., & Muhafidin, I. (2020). Mathematical reflective thinking strategy in problem-solving viewed by cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012150

Satriawan, M. A., Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2018). Students’ Relational Thinking of Impulsive and Reflective in Solving Mathematical Problem. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012030

Shoimah, R. N., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2018). The Creativity of Reflective and Impulsive Selected Students in Solving Geometric Problems. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012023

Suharta, I. G. P., & Suarjana, I. M. (2018). A case study on mathematical literacy of prospective elementary school teachers. International Journal of Instruction, 11(2), 413–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11228a

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Kasetsart Journal of Social Sciences Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students ’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001

Wardono, & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 95–102. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4978

Warli. (2010). Profil Kreatifitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Universitas Negeri Surabaya.

Warli, & Nofitasari, Y. (2021). Junior high school students’ mathematical connection: a comparative study of children who have reflective and impulsive cognitive styles. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 012036. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012036

Wutsqa, D. U., & Rifai. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 152–162. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15747

Zainab, N. (2018). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model PISA ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Deependent. Universitas Negeri Surabaya.

Zainiyah, U., & Marsigit. (2018). Literasi Matematika: Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 5–14.

Published
2021-08-28
How to Cite
Astrie Pratiwi Damayanti, Dwi Juniati, & Susanah, S. (2021). Literasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 101-113. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1201
Section
Research
Abstract viewed = 430 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 419 times