Analisis kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga matematika di SMP Negeri 5 Langsa

  • Cut Intan Salasiyah UIN Ar-Raniry
  • Muhammad Zaki Universitas Samudra
Kata Kunci: Kemampuan Guru, Alat Peraga Matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga di SMP Negeri 5 Langsa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 5 Langsa dan alat peraga. Sumber data digali dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi aktivitas guru terkait penggunaan alat peraga yang terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan guru menggunakan alat peraga belum optimal. Analisis wawancara dan observasi diperoleh informasi aktivitas guru yang terkait penggunaan alat peraga matematika tidak sampai  pada konsep atau rumus matematika yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan alat peraga di SMP Negeri 5 Langsa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 5 Langsa dan alat peraga. Sumber data digali dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi aktivitas guru terkait penggunaan alat peraga yang terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan guru menggunakan alat peraga belum optimal. Analisis wawancara dan observasi diperoleh informasi aktivitas guru yang terkait penggunaan alat peraga matematika tidak sampai  pada konsep atau rumus matematika yang dipelajari. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Prodi Pendidikan Matematika FTK

Referensi

Bell, F.H. (1981). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). Iowa: Wm. C. Brown Company.

Johar, Rahmah. (2013). Alat Peraga Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Alat Peraga. STAIN Malikussaleh, tanggal 23 September 2013

Muijs, D., & Reynolds, D. (2005). Effective teaching evidence and practice. London: SAGE Publications.

Pujiati. (Oktober 2004). Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika SMP. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar, di PPPG Matematika Yogyakarta.

Ruseffendi, E.T. (1992). Materi pokok pendidikan matematika 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Diterbitkan
2018-10-18