Exploratory case study kesulitan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan limas

Exploratory case study difficulty of junior high school students in resolving problems of the pyramids surface area

  • Sudirman Universitas Wiralodra
  • Bambang Avip Priatna Martadiputra Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: exploratory case study, kesulitan siswa, konsep luas permukaan limas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan-kesulitan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan limas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain exploratory case study. Proses eksplorasi pada penelitian ini dilakukan pada partisipan yang berjumlah 13 siswa kelas VIII pada salah satu SMP Swasta di Kabupaten Indramayu.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mengadopsi modifikasi analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, pengodean (coding), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan temuan penelitian, didapat bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat menyelesaikan soal materi luas permukaan limas yaitu: (1) kesulitan dalam mengidentifikasi masalah yang terdapat pada soal; (2) kesulitan dalam mengoneksikan konsep luas permukaan dengan konsep materi prasyarat; (3) kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian soal tersebut; (4) kesulitan dalam menggunakan operasi yang melibatkan perkalian bilangan pecahan atau bentuk akar; (5) kesulitan dalam menggunakan formula konsep luas permukaan limas. Selain itu hasil temuan ini memberikan implikasi kepada guru untuk dapat mempersiapkan desain bahan ajar atau pembelajaran untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta 2012, 97–104.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2011). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center

Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. BETA Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102.

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Maju, 7(1), 98–102.

Özerem, A. (2012). Misconceptions in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 1(4), 23–35. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.557

Serin, H. (2018). Perspectives on the Teaching of Geometry: Teaching and Learning Methods. Journal of Educational and Training, 5(1), 131–137. https://doi.org/10.5296/jet.v5i1.xxxx

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Aksioma, 1(2).

Sumalwan, Anggo, M., & Ikman. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 187–204.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (Sixth Edit). Sage Publication.

Yuniati, I., Senjaya, A. J., Sudirman, Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Relasi dan Fungsi ? RANGE Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74.

Published
2020-12-02
How to Cite
Sudirman, & Bambang Avip Priatna. (2020). Exploratory case study kesulitan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan limas. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 277-286. https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1131
Abstract viewed = 447 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 711 times