Kriteria berpikir geometris siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan masalah geometri

  • Noor Fajriah Mahasiswa S3 Pendidikan Matematika Unesa
Keywords: Berpikir Geometris, SMP

Abstract

Objek-objek yang dibahas dalam materi geometri memang tidak asing lagi bagi siswa sehingga diharapkan mereka tidak mendapat kesulitan dalam belajar geometri di sekolah. Kenyataannya, siswa SMP di Cyprus dan Malaysia mengalami kesulitan, antara lain mengenai materi: sudut yang terbentuk dari garis yang memotong garis sejajar,  visualisasi, penalaran formal, mengkonstruksi bangun geometris,  istilah geometri. Berdasarkan kenyataan tersebut, terlihat ada masalah dalam pembelajaran geometri di SMP sehingga diperlukan cara-cara untuk mengatasinya.  Pembahasan ini dibatasi untuk menentukan kriteria berpikir geometris siswa SMP. Diharapkan dengan mengetahui kriteria berpikir geometris siswa maka dapat diruntut kelemahan geometri sehingga akhirnya dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan geometrisnya. Adapun kriteria-kriteria berpikir geometris siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri adalah mengillustrasikan objek geometri berdasarkan deskripsi verbal atau sebaliknya, menjelaskan objek geometri berdasarkan deskripsi verbal atau sebaliknya, menggambarkan objek geometri berdasarkan sifat-sifatnya dengan menggunakan alat yang sesuai, mengidentifikasi konse-konsep geometri, menentukan dan menjelaskan hubungan antar konsep geometri, menjelaskan alasan-alasan yang diperlukan untuk menarik kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. 2009. Pembelajaran geometri dan teori Van Hiele. http://abdussakir.wordpress.com/2009/01/25. Akses tanggal 10 Juli 2013.

Andhani, R.A., Sutinah dan Kurniasari, I. 2003. Identifikasi Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Menggunakan Test Of Piaget’s Logical Operations (TLO) ditinjau dari Kemampuan Matematika di SMP Negeri 2 Menganti. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 No 1. 2014. Akses tanggal 2 Februari 2015.

Arcavi, A. 2003. “The Role of Visual Representations in the Learning of Mathematics”. Educational Studies in Mathematics, 52(3) pp.215-240.

Bishop, A.J. 1983. Space and Geometry. Acquisition of Mathematics Concepts and Processes. Academic Press. New York. pp.175-203.

Idris, N dan Lian, Tay Beee (2004). Teaching and Learning of Geometry: Problems and Prospects. Masalah Pendidikan, 27 . pp. 165-178.

Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

Jones, K. 1998. “Theoretical Frameworks for the Learning of Geometrical Reasoning”. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 18(1&2), pp. 29-34.

National Council of Teachers of Mathematics. 1989. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Özerem, A. 2012. Misconceptions In Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, volume 1, issue 4. pp. 23-35.

Polya, G. 1973. How to Solve it (New of Mathematical Method). Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Solso, R.L., Maclin, O.H., dan Maclin, M.K. 2008. Psikologi Kognitif. Alih bahasa Mikael Rahardanto & Kristinati Batuadji. Jakarta : Erlangga.

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tim Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru (Implememntasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Torregrosa, G dan Quesada, H. 2008. The Coordination of Cognitive Processes In Solving Geometric Problems Requiring Formal Proof. In Figueras, O & Sepulveda, A. (Eds.). Proceedings of the Joint Meeting of the32nd Conference of the International Group for teh Psychology of Mathematics Education, and the XX North American. Vol. 4 pp. 321-328.
Published
2015-08-30
How to Cite
Fajriah, N. (2015). Kriteria berpikir geometris siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan masalah geometri. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 110-115. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.11
Section
Research
Abstract viewed = 592 times
PDF downloaded = 701 times