Pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika bangun datar segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII SMPN 223 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan mengambil dua kelompok sampel yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang diajar dengan media yang berbeda. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash dan kelompok kontrol diajar dengan menggunakan media pembelajaran power point. Setelah dilakukan eksperimen dengan media yang berbeda pada dua kelompok sampel tersebut kemudian diberikan test berbentuk uraian dengan soal yang sama untuk mengetahui hasil dari kegiatan pembelajaran. Selanjutnya data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dari hasil ujinya kedua data tersebut normal dan homogen. Setelah itu, data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan pengujian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Jumrah. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12-26.
Murniasih, T., Ferdiani, R., & Fayeldi, T. (2016). Media Smart Diagram Venn Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Himpunan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. Retrieved from http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/30
Mustamid, & Raharjo, H. (2015). Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Eduma, 4(1), 26–41.
Mustikasari, I., Utami, N. R., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajen. Unnes Journal of Biology Education, 1 (2), ISSN: 2252-6579, 102-108.
Safitri, M., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.
Utama, N.P., Z.A. Nilaswati, & Vionanda, Dodi. (2012). Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2, 1(1). 51-59.
Yudhiantoro, Dhani.2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8.Yogyakarta: ANDI