Efektivitas model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas V
The effectiveness of CLIS learning models on the results of mathematics learning about volume of cubes and beams in grade 5
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan True Experimental Design dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Randusongo 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan dengan model pembelajaran CLIS di kelas V SDN Randusongo 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data posttest menunjukkan bahwa hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji t dapat diketahui nilai uji t sebesar 1,868 sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan 38 dan taraf signifikan 5% diperoleh hasil t tabel 1,686. Jika T-hitung = 1,868 > T-tabel = 1,686 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah model pembelajaran CLIS yang efektif terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.
Downloads
References
Fauziah, A. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 13–16.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Feriana, O., & Putri, R. I. I. (2016). Desain Pembelajaran Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Filling Dan Packing Di Kelas V. Jurnal Kependidikan, 46(2), 149–164.
Ghani, A. A., Program, M., & Pendidikan, S. (2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 171–175.
Hasan, Q. A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. Jurnal Pendidikan, 18(2), 106–114.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Karmiati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(2), 305–320.
Mustadi, M., Afif, A., & Angriani, A. D. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match Dan Scramble Pada Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 18–31. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a2
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Oktora, R., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Permasalahan Matematika Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 90–102.
Pawari, O., Sinta, V., & Rohmah, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 35–44.
Purwatiningsih, S. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 27–35. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/viewFile/3097/2170
Rahman, A., & Bahar, S. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Deskriptif di Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur Kota Palu. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 110–116.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11887
Sarif, M., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dengan Metode Pair Check Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII-C Wahid Hasyim Malang Pada Materi Pola Bilangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 14(2), 10–17.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, N. A., Sakti, I., & Purwanto, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Dengan Menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 113–116. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.113-116
Wahyuni, R., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2015). Volume Kubus dan Balok Melibatkan Kemampuan Visualisasi Spasial di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 1(2), 119–129. https://doi.org/10.29408/jel.v1i2.144
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media CLIS (Children Learning in Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Education Action Research, 4(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23660
Wardana, W. A., Kusmariyatni, N., & Suartama, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Di Gugus VI Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–13.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)