Penerapan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah analisa real
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS pada mata kuliah analisa real dan mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah analisa real. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan bersiklus. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, analisis, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 6 pendidikan matematika UNINDRA PGRI tahun akademik 2017/ 2018 sejumlah 30 orang. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan sistem triangulasi, yaitu salah satu cara dalam mengumpulkan serta menyimpulkan data dengan hasil pengamatan tiga pihak yaitu: mahasiswa, peneliti dan observer. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah analisa real. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis pada penelitian pendahuluan hingga siklus II. Pada tes pendahuluan rata-rata kemampuan penalaran matematis adalah 60,50, pada siklus I rata-rata kemampuan penalaran matematis adalah 73,07, siklus II rata-rata kemampuan penalaran matematis mengalami peningkatan menjadi 82,43.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Juhayla,dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) untuk Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, Vol 4(3),121-130.
Karim, Abdul dan Arfatin Nurrahmah (2018). Belajar Matematika Mengasikkan dan Bermakna Dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL). Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2018. 98-106.
Karim, A. (2018). Analisis Kualitas Soal Perlombaan Matematika Tingkat SMA. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 1-8.
Nurrahmah, Arfatin dan Suhendar, Ayi Mumuh. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Kartu Keaktifan Siswa (KKS). JKPM Vol 03 (1),34-45.
Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta:PT. Prestasi Pustakaraya.
Sucipto, Lalu dan Mauliddin. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Jurnal Tadris Matematika Vol.9 (2), 197-211.
Tayibu, N. Q. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa.
Wahyuni, dkk. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol.1 (2), 228-240.