Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS (High Order Thinking Skills) pada tingkatan C6

Analysis of student’s ability in completing HOTS (High Order Thinking Skills) problems at level C6

  • Caecilia Dian Pratiwi Universitas Sanata Dharma
Keywords: high order thinking skills, analisis kemampuan

Abstract

Aspek pendidikan pada abad-21 menuntut mahasiswa calon guru untuk mampu mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal yang memerlukan proses berpikir tingkat tinggi. Adanya tuntutan tersebut ternyata belum berjalan dengan baik sehingga penting bagi calon pendidik untuk meningkatkan keterampilan dalam proses berpikir tingkat tinggi sebagai suatu upaya yang dapat dilakukan. High Order Thinking Skills merupakan aspek yang penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran, dimana mahasiswa harus menyelesaikan masalah non rutin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal yang memerlukan proses berpikir tingkat tinggi pada tingkatan C-6. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 mahasiswa Pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma Angkatan 2017. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah tes tertulis. Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada tingkatan C6 masih kurang. Sehingga diperlukan suatu pembelajaran dan peningkatan kompetensi calon guru matematika untuk menyelesaikan permasalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Ega, G., Firmansyah, B., & Julia, N. (2018). Calon Guru Matematika Melalui Level HOTS Marzano. EduMa, 7(2), 41–48.

Kemdikbud. (2019). Hasil UN. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id#2019!sma!capaian_wilayah!99&99&999!a&03&T&T&1&!1!&

Kependidikan, D. jenderal guru dan tenaga. (2018). Buku Pegangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.424

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.

Published
2020-12-05
How to Cite
Pratiwi, C. D. (2020). Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal HOTS (High Order Thinking Skills) pada tingkatan C6. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 287-295. https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1024
Abstract viewed = 461 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 344 times