Lembar kerja mahasiswa berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses Sains mahasiswa

  • Saidatun Ni'mah
Keywords: Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing,, Lembar Kerja Mahasiswa,, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Banjarmasin. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan ADDIE. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek uji coba terdiri dari validator ahli perangkat pembelajaran, validator ahli materi, validator praktisi pengajar di lapangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran, ahli materi, dan praktisi pengajar di lapangan secara berturut-turut sebesar 4,00; 3,06; dan 3,80 dengan rata-rata sebesar 3,62. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap LKM sebesar 3,36. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori baik dan memenuhi kriteria kelayakan (valid dan praktis) untuk dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas. Uji coba utama dilakukan hanya pada Kompetensi Dasar 2.1 dan 3.1. Analisis LKM yang dikerjakan mahasiswa pada pertemuan 1 sebesar 81,54 dan pertemuan 2 sebesar 81,21 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa LKM memiliki tingkat keefektifan medium atau dengan kata lain LKM Fisiologi Tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing telah cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran

Published
2016-12-05
How to Cite
Ni’mah, S. (2016). Lembar kerja mahasiswa berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses Sains mahasiswa. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v11i2.414
Section
Articles
Abstract viewed = 342 times
PDF downloaded = 542 times