Respon Siswa Kelas VII MTs Al-Ihsan Gambah Dalam Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup

  • Evi Riana Ningsih STKIP PGRI Banjarmasin
  • Saidatun Ni'mah STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Informasi yang diperoleh dari guru Biologi MTs Al-Ihsan Gambah Dalam menunjukkan bahwa pembelajaran biologi saat ini masih kurang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, pembelajaran yang masih di dominasi oleh guru, kurangnya kreativitas siswa, dan rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Oleh karena itu, pemahaman yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Rendahnya pemahaman yang diperoleh siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian yang telah diperoleh sebelumnya dimana dari 22 orang siswa, hanya 11 orang siswa yang memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Gambah Dalam terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ihsan Gambah kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data yang diperoleh hanya respon siswa dan diambil melalui lembar angket yang diberikan kepada siswa pada akhir pembelajaran (akhir siklus II). Pemberian angket bertujuan untuk mengetahui tentang tanggapan atau pendapat siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL. Berdasarkan hasil perhitungan angket siswa diketahui bahwa kategori respon positif (siswa yang memilih jawaban Ya) sebesar 93,94% dan termasuk dalam kategori  sangat baik. Respon siswa yang sangat tinggi menunjukkan adanya minat siswa dalam belajar dengan pembelajaran mengunakan model PBL.

Published
2017-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 134 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 254 times