Kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin

  • Jumainah Jumainah
Keywords: kemampuan,, membaca cepat

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas sebelas dalam membaca cepat. Membaca cepat adalah memadukan (perpaduan) kemampuan motorik (gerakan mata) atau visual dengan kemampuan kognitif seseorang dalam membaca. Jadi, membaca cepat merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi  bacaan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin yang terdiri dari program IPA 3(tiga) kelas A, B dan C begitu juga dengan kelas  IPS 3(tiga) A, B dan C dengan total jumlah 217. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, teknik ini memunculkan kelas A IPA yang berjumlah 36 siswa dan kelas A IPS berjumlah 73 siswa . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, tes yang digunakan untuk mengambil data pada penelitian ini adalah tes kemampuan membaca cepat dan pemahaman teks bacaan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca cepat siswa program IPA memiliki kualifikasi cukup dengan rata-rata 200,7742. Sedangkan kemampuan membaca cepat siswa program IPS memiliki kualifikasi kurang dengan rata-rata 145,3. Kemampuan pemahaman isi bacaan siswa program IPA memiliki kualifikasi cukup dengan rata-rata 60%. Sedangkan kemampuan pemahaman isi bacaan siswa program IPS memiliki kualifikasi kurang dengan rata-rata 50%,

Published
2017-06-05
How to Cite
Jumainah, J. (2017). Kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i2.412
Section
Articles
Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 295 times