Tantangan dan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD di Kelas Teaching English For Young Learners (TEYL)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tantangan dan motivasi mahasiswa PGSD saat belajar di kelas TEYL dalam rangka persiapan mengajarkan bahasa Inggris pada level SD nantinya. Penelitian ini melibatkan 32 mahasiswa PGSD yang terdaftar di kelas TEYL STKIP PGRI Banjarmasin tahun akademik 2020/2021. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan instrumen angket. Analisa mengenai tantangan yang dihadapi mahasiswa dijabarkan berdasarkan dua kategori utama, yaitu tantangan yang berkaitan dengan kebahasaan dan psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara kebahasaan mahasiswa PGSD mengalami kendala pada penguasaan kosakata, kemampuan menjelaskan dalam bahasa Inggris, dan kemampuan tata bahasa. Sementara itu, secara psikologis mahasiswa PGSD STKIP PGRI Banjarmasin memiliki persepsi bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sulit untuk dipelajari yang berdampak pada ketidakpercayaan diri mereka apabila harus mengajarkan bahasa asing ini nantinya ketika mereka bekerja sebagai guru kelas di SD. Akan tetapi, mahasiswa memiliki motivasi yang kuat dalam belajar. Motivasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan mereka untuk lulus mata kuliah TEYL dengan nilai yang memuaskan, kemauan belajar karena adanya kesadaran akan peran guru SD yang ‘serba bisa’, serta harapan untuk menjadi guru yang professional dan bertanggungjawab di masa yang akan datang. Selain itu peran serta dukungan dosen serta teman sekelas dan suasana kelas juga berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa di kelas.