Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Dipadukan Metode Fish Bowl pada Siswa Kelas V SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran direct instruction dipadukan metode fish bowl dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V sdn teluk tiram 2.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Teluk Tiram 2 pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Penerapan model pembelajaran Direct Instruction dipadukan dengan metode Fish Bowl dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang selalu mengalami peningkatan di setiap pertemuannya, Hasil belajar siswa nilai rata-rata 52,5 jadi 60,2 di siklusI dan disiklus II 70,2 menjadi 82,9. Dilihat dari rata-rata nilai tiap pertemuan ada peningkatan yang sangat signifikan, dan telah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal karena dilihat dari presentase ketuntasan sudah berada diatas standar ketuntasan minimal