Mengembangkan berpikir kreatif siswa melalui efektivitas pembelajaran Matematika menggunakan peta konsep

  • M. Saufi
  • Arifin Riadi
Keywords: writing assignment,, peta konsep

Abstract

Kecakapan-kecakapan yang dimiliki siswa dapat dievaluasi oleh guru melalui writing assignment. Jika writing assignment itu berupa peta konsep yang diperoleh siswa dari pembelajaran, yang dihubungkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, maka kemampuan berpikir kreatif dapat pula dievaluasi oleh guru. Penelitian ini termasuk dalam jenis kuasi eksperimen. Pada kuasi eksperimen ini subjek tidak dikelompokkan secara acak, tetapi peneliti menerima keadaan subjek apa adanya. Penggunaan desain dilakukan dengan pertimbangan bahwa kelas yang ada telah terbentuk sebelumnya, sehingga tidak dilakukan lagi pengelompokkan secara acak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan peta konsep untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa MA pada pokok bahasan irisan kerucut efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2017-06-05
How to Cite
Saufi, M., & Riadi, A. (2017). Mengembangkan berpikir kreatif siswa melalui efektivitas pembelajaran Matematika menggunakan peta konsep. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v12i1.404
Section
Articles
Abstract viewed = 380 times
PDF downloaded = 1510 times