Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan

  • Rahayu Sri Waskitoningtyas FKIP Universitas Balikpapan
Keywords: Pembelajaran Matematika, Metakognitif, Kontekstual

Abstract

Pembelajaran matematika diupayakan menumbuhkan perilaku metakognitif mahasiswa yang memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah, khususnya dalam mengatur dan mengontrol aktivitas kognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah sehingga belajar dan berpikir yang dilakukan siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pembelajaran diawali dengan pemberian masalah tentang matematika yang menuntut tumbuhnya perilaku metakognitif siswa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam membangun karakter bangsa. Metakognisi memiliki dua komponen yaitu pengetahuan metakognitif dan keterampilan metakognitif. Pengetahuan metakognitif berkaitan dengan pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional. Pengetahuan metakognitif merupakan keterkaitan antara individu, tugas dan strategi. Keterampilan metakognitif berkaitan dengan perencanaan, monitoring dan evaluasi terhadap penyelesaian suatu tugas tertentu. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan pembelajaran berbasis masalah matematika kontekstual. Melalui pengetahuan dan keterampilan metakognitif yang berbasis kontekstual, mahasiswa dapat memecahkan setiap permasalahan dalam matematika, sehingga mahasiswa tidak ragu dan percaya diri dalam mengerjakan persoalan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahayu Sri Waskitoningtyas, FKIP Universitas Balikpapan

Dosen Pendidikan Matematika

References

Anggo, M., 2010, Proses Metakognisi Mahasiswa Calon Guru dalam Pemecahan Masalah Matematika, Disertasi S3 Pendidikan Matematika PPs Universitas Negeri Surabaya (tidak dipublikasikan), Surabaya.

De Corte, E., 2003, Intervention Research: A Tool for Bridging the Theory – Practice Gap in Mathematics Education, Proceedings of the International Conference, The Mathematics Education into the 21st Century Project, Brno Czech Republic.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gama, C. A., 2004, Integrating Metacognition Instruction in Interactive Learning Environment, D. Phil Dissertation, University of Sussex

Johnson, E. B., 2002, Contextual Teaching and Learning; What It is and Why It’s Here to Stay, Corwin Press Inc., California

Kuntjojo & Matulessy, Andik (2012). Hubungan Antara Metakognisi dan Motivasi Berprestasi dengan Kreativitas. Jurnal Persona Volume 1 Nomor 01.

Mousoulides, N., Christou, C., and Sriraman, B., 2007, From Problem Solving to Modelling- A Meta Analysis, University of Cyprus.

Mujis, Daniel & Reynolds, David (2011). Effective Teaching: Evidence and Practice 3rd Edition. Chippenham: CPI Antony Rowe.

Mustamim Anggo. 2011. Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Edumatica. Vol 1 No. 02. ISSN 2088-2157

Nanang. (2009). Studi Perbandingan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika pada Kelompok Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Metakognitif serta Konvensional. Disertasi SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Nelissen, 1997, Thinking Skill in Realistic Mathematics, Download tanggal 12 September 2006.

Polya, G., 1973, How To Solve It, Second Edition, Princeton University Press, Princeton, New Jersey.

Risnanosanti. 2008. Kemampuan Metkognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan matematika. Vol 4 no. 1. ISSN: 1978-4538

Santrock, John W (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Scanlon, David (2012). Fact Sheet: Metacognitive Processes. Diambil pada tanggal 20 Maret 2015 dari https://teal.ed.gov/tealguide/metacognitive.

Supinah. 2008. Pembelajaran Matematika Sd dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suryadi, Didi. (2010). Teori, Paradigma, Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.
Published
2015-12-30
How to Cite
Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 211-219. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21
Section
Research
Abstract viewed = 1817 times
PDF downloaded = 1404 times