EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI SENI TARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Seorang guru mempunyai peran penting yang besar dalam menumbuhkan motivasi tersebut yakni salah satunya melalui evaluasi pembelajaran. Tujuannya adalah agar mengetahui evaluasi tersebut mampu mempengaruhi motivasi peserta didik di MIS Hidayatul Muhajirin secara signifikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan hasil wawancara dan didukung dengan data sekunder atau dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi mampu memberikan pengaruh yang signifikan karena peserta didik mau tidak mau harus belajar untuk mencapai penilaian yang direncanakan dan sesuai dengan yang ditetapkan. Madrasah ini difasilitasi sarana berupa LCD di kelas sehingga dalam pembelajaran yang memerlukan media dapat ditampilkan langsung di kelas sehingga akan berpengaruh pada motivasi belajar peserta didik. Penilaian yang dilakukan mengenai aspek kognitif dari C1-C4. Dalam penyaluran bakat siswa juga difasilitasi melalui kegiatan ekstrakulikuler. Setiap kegiatan peserta didik terkait dengan proses belajar mengajar meliputi penilaian tes tertulis atau tes pengetahuan (kognitif) saja pada akhir pembelajaran seni tari, karena tidak ada praktik. Evaluasi dilakukan dengan menyesuaikan proses yang ditetapkan baik itu dari prinsip maupun rancangan yang sudah ditetapkan.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran; Seni Tari; Motivasi Belajar.