PEMBELAJARAN PROSES MENCIPTA TARI BAGI GURU MGMP SENI BUDAYA DI TINGKAT SMA DI KOTA DENPASAR

  • Ni Wayan Mudiasih Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Iriani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Rinto Widyarto Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: Pembelajaran, Mencipta, Tari, MGMP

Abstract

Abstrak: Para guru seni budaya SMAN di Denpasar belum sepenuhnya memahami dan mengetahui tentang penciptaan baik teori dan praktek, sehingga banyak para siswa saat mendapat tugas tersebut harus mencari guru pelatih diluar sekolah dan harus membayarnya. Fenomena ini penting diantisipasi dan dicarikan solusinya, agar eksistensi penciptaan tari dapat dilakukan dengan mudah. Untuk itu perlu pembelajaran kelompok Guru Seni Budaya dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hal ini agar dapat mempermudah proses mencipta tari dan mampu memberikan pembelajaran teori dan praktek mencipta tari kreasi baru/kontemporer.Metode dekriptif dan pelaksanaannya menggunakan metode eksperimen imitasi, matematika, karakter dan transisi. Guru seni budaya ini diberikan pembelajaran langsung untuk mencipta tari yang selanjutnya dapat memberikan pembelajaran kepada peserta didik tingkat SMA, agar dapat meningkatkan kemampuan mencipta tari. Pembelajaran ini disambut antusias oleh segenap peserta dan menghasilkan 2 model karya tari kreasi dan kontemporer.

Kata Kunci:Pembelajaran, Mencipta, Tari, dan MGMP

Published
2021-10-30
How to Cite
Mudiasih, N. W., Iriani, N. W., & Widyarto, R. (2021). PEMBELAJARAN PROSES MENCIPTA TARI BAGI GURU MGMP SENI BUDAYA DI TINGKAT SMA DI KOTA DENPASAR. TANDIK: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 1(2), 64-75. https://doi.org/10.33654/tdk.v1i2.1236
Section
Articles
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 18 times