PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI KELAS PINTAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Evana Mirbawani Prayitna Universitas PGRI Madiun
  • Azizah Baiti Lestari Universitas PGRI Madiun
  • Enggin Yuna Arinda Universitas PGRI Madiun
  • Dian Permatasari Kusuma Dayu Universitas PGRI Madiun
Keywords: Media, Kelas Pintar, Motivasi Belajar

Abstract

Media aplikasi Kelas Pintar merupakan sebuah platform pendidikan yang menyediakan solusi pembelajaran menjadi lebih efektif dan lengkap sesuai kurikulum. Akan tetapi, disisi lain, media ini juga menyediakan fitur untuk memaksimalkan peran masing-masing dari pimpinan lembaga pendidikan yang mengelola sekolah tersebut. Media aplikasi Kelas Pintar tidak hanya digunakan untuk belajar siswa SMP atau SMA, tetapi media aplikasi ini sudah banyak digunakan atau dikenalkan kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD). Media aplikasi Kelas Pintar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah media aplikasi yang menyediakan materi pelajaran yang sama dengan apa yang diberikan di sekolah, baik dari kurikulum maupun jumlah mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media aplikasi Kelas Pintar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD serta untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan media aplikasi Kelas Pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 80% peserta didik sangat puas menggunakan fitur Kelas Pintar sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, fitur Kelas Pintar mampu menjadi alternative media pembelajaran yang interaktif dan mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik. Media ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan minat dari peserta didik itu sendiri.

Published
2023-01-16
How to Cite
Evana Mirbawani Prayitna, Azizah Baiti Lestari, Enggin Yuna Arinda, & Dian Permatasari Kusuma Dayu. (2023). PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI KELAS PINTAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 305-309. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2076
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 622 times