MEDIA E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN LURING

  • Dwi Mar'atus Saputri Universitas PGRI Madiun
  • Mawar Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Kania Salsabila Universitas PGRI Madiun
  • Dhea Nabylla Anggraini Universitas PGRI Madiun
  • Dian Permatasari Kusuma Dayu Universitas PGRI Madiun
Keywords: E-learning, Pembelajaran, Kemandirian Siswa

Abstract

Penelitian ini fokus kepada perkembangan teknologi di Indonesia pada abad ini yang serba digital dan berubah dengan sangat cepat. Salah satu teknologi yang mempengaruhi perubahan adalah penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran luring dalam blended learning untuk meningkatkan kemandirian belajar di sekolah dasar. Metodologi atau pendekatanyang digunakan dalam tulisan ini adalah kepustakaan (library research) dan studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning dapat meningkatkan sikap kemandirian siswa sekolah dasar dalam pembelajaran luring melalui media e-learning. Efektivitas penerapan media e-learning dalam pembelajaran luring dapat dilihat dari perubahan pola pikir, perilaku, minat peserta didik, dan gaya komunikasi yang menjadikan peserta didik lebih kompeten dalam pembelajaran.

Published
2023-01-16
How to Cite
Dwi Mar’atus Saputri, Mawar Rahmawati, Kania Salsabila, Dhea Nabylla Anggraini, & Dian Permatasari Kusuma Dayu. (2023). MEDIA E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN LURING . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 267-273. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2072
Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 211 times