PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KREASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode role playing dengan menggunakan media Wayang Kreasi pada materi unsur intrinsik cerita dongeng pada siswa kelas IV SDN Malang Kecamatan Maospati tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini berjenis penelitian kualiitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data menggunakan metode alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran role playing berbantuan media wayang kreasi pada siswa kelas IV SDN Malang Kecamatan Maospati tahun ajaran 2021/2022 berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang positif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi unsur intrinsik cerita dongeng. Antuasiasme siswa dalam pembelajaran juga cukup bagus, siswa aktif dalam bertanya apabila terdapat materi yang dianggap sulit.