PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEACHING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE (TEFL)

  • Hidya Maulida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran Mata Kuliah Teaching English as foreign Language (TEFL) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah hasil kuesioner berupa jawaban dari mahasiswa. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa kelas 03. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, kesimpulan, dan tahap verifikasi data. Hasil penelitian ini terdiri atas dua yaitu: (1) kelebihan Google Classroom dalam pembelajaran Mata Kuliah TEFL: (a) kemudahan mengikuti perkuliahan TEFL tanpa harus mengunduh aplikasi, (b) kemudahan menyimpan materi perkuliahan, dan (c) kemudahan dalam hal penggunaan (praktis) (d) Kerapihan dalam Tampilan Pengarsipan; (2) kekurangan Google Classroom dalam pembelajaran Mata Kuliah TEFL terdiri dari: (1) kesulitan berinteraksi langsung secara virtual dan (2) kesulitan yang berkaitan dengan jaringan

 

Published
2022-02-14
How to Cite
Hidya Maulida. (2022). PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEACHING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE (TEFL). Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 80-84. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1562
Abstract viewed = 92 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 111 times