PENYUSUNAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang seringkali dinamakan sebagai higher order thinking skills (HOTS) merupakan salah satu kemampuan yang mutlak diperlukan oleh peserta didik dalam mempersiapkan dirinya pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Artikel ini merupakan kajian literatur untuk mendeskripsikan contoh penyusunan soal berbasis higher order thinking skills pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan pendidikan menengah. Artikel ini juga menyajikan langkah umum penyusunan soal berbasis higher order thinking skills (HOTS) dengan mengambil contoh salah satu butir Kompetensi Dasar di kelas XI pada materi teks analytical exposition. Langkah penyusunan soal dilakukan dengan terlebih dahulu menganalisis butir Kompetensi Dasar pada materi tersebut. Menyusun soal berbasis HOTS untuk mata pelajaran bahasa Inggris tidaklah mudah. Guru bahasa Inggris perlu memperhatikan dimensi proses berpikir pada level kognitif C4 (analyzing), C5 (evaluating), serta C6 (creating) yang menjadi indikator butir soal berbasis HOTS ini. Oleh karena itu, diskusi bersama rekan sejawat dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) akan sangat membantu para guru Bahasa Inggris untuk latihan dan belajar menyusun soal bahasa Inggris berbasis HOTS yang tepat dan terukur.